Perlunya Nutrisi Jaga Kesehatan Mulut

Perlunya Nutrisi Jaga Kesehatan Mulut

Kesehatan Mulut adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kesehatan rongga mulut. Ini termasuk gigi, gusi dan lidah. Kesehatan mulut yang buruk dapat disebabkan oleh luka, infeksi jamur, sariawan, sindrom mulut kering dan kanker mulut.

Ada banyak manfaat mulut bersih, seperti membuat napas menjadi segar, mulut terlindung dari bakteri mulut, dan yang pasti juga dapat membuat kita percaya diri. Dengan napas yang segar kita pun merasa nyaman saat berada di dekat orang lain, tanpa perlu was-was orang tersebut akan mencium bau mulut Anda.

Namun, terkadang penyebab utama dari kesehatan mulut yang buruk bukanlah penyakit berat tetapi hanya pola kebersihan mulut yang buruk, dan kebersihan mulut yang buruk ini pada gilirannya menyebabkan kesehatan mulut yang buruk pula. Nutrisi yang baik tidak hanya membuat kita sehat dan karenanya mencerminkan kesehatan mulut kita, tetapi juga menghasilkan kesehatan mulut yang baik.  Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah dan penyakit gusi lainnya.  Kalsium dan Vitamin D membantu menjaga kesehatan gigi yang kuat juga. Kalsium dan Vitamin D akan diserap pada gigi dan karenanya memberikan kekuatan pada gigi. Tembaga, Seng, Besi, Yodium dan Kalium juga merupakan mineral penting yang baik bagi kesehatan mulut. Ini bekerja dengan kalsium dan fosfor dan mencegah kerusakan gigi juga.

Makanan Yang Boleh Dimakan Dan Yang Harus Dihindari.


Apa yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda pasti memberi efek pada gigi Anda. Ada berbagai cara di mana nutrisi mempengaruhi mulut dan gigi. Makanan kaya kalsium dan fosfor baik untuk gigi Anda. Makanan kaya omega-3 dan asam lemak juga akan membantu untuk meningkatkan kesehatan mulut Anda. Makanan dan minuman yang meningkatkan produksi air liur baik untuk kesehatan mulut Anda. Air liur bekerja secara alami menetralkan asam yang meningkatkan kerusakan gigi dan pembusukan. Selain itu juga membantu membersihkan partikel makanan kecil yang menempel di gigi Anda. Semua jenis makanan manis harus dihindari untuk kesehatan mulut yang baik serta mencegah produksi asam dan kerusakan makanan dan pembusukan.

Stres dan Kesehatan Mulut.

Mulut kering, kebiasaan kertak atau mengeretak gigi (tooth grinding/bruxism) sering dikaitkan dengan stres. pengabaian kesehatan mulut, dari mulai menghindari pemeriksaan gigi, sampai melewatkan kegiatan menjaga kebersihan mulut yang sederhana seperti flossing dan menyikat gigi dpat dipicu oleh stress. Stres dapat mengubah sikap kita terhadap kesehatan gigi. Stres berarti pola makan yang buruk. Stres dan dampaknya pada kesehatan mulut dan kesehatan secara umum bisa menjadi serius dan mengancam jiwa, karenanya penting untuk mencoba tips-tips sederhana tentang bagaimana menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments