Bisnis Online dan Kepercayaan

Bisnis Online dan Kepercayaan

Bisnis online, yup slaah satu lahan bisnis yang makin berkembang sesuai dengan trend marketing sekarang ini. Namun disamping meningkatnya jual beli secara online, ternyata banyak juga yang yang dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini sangat memprihatinkan dan yang dirugikan dan kena imbasnya tentunya para pelaku bisnis online jujur, yang memang menjalankan bisnis di internet dengan benar.

Maka anda sebagai customer yang belanja online mesti hati-hati dalam memilih tempat belanja online, sebagai contoh dulu saat saya kerja sebagai marketing di perusahaan rental mobil, ada orang yang mampir ke kantor dan mengatakan bahwa alamat offline tempat dia beli tiket di kantor kami. Lalu saya tanya alamat website yang di kunjungi, dan saya jelaskan bahwa alamat web/ situs resmi kami beda. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali reseller, peluang bisnis jadi penjual tiket dan mereka mengatakan bahwa dengan modal 150 ribu sudah bisa jadi agen.

Ini sangat terbuka peluangnya untuk dimanfaatkan oleh para penipu, bayangkan hanya modal Rp.150.000, jadi agen dan dia bisa menipu orang puluhan juta melalui pelanggan yang pesan tiket, ironisnya mereka memakai alamat bisnis orang lain. Untuk itu anda mesti cek dan kroscek lagi kebenaran alamat offline dari sebuah situs toko online. Anda masih ingat kasus penipuan dari toko online dari Batam??, yang banyak banget tertipu dan ini masuk berita hangat beberapa waktu lalu. Mereka mencantumkan alamat juga kok, nah jadi kita mesti ekstra hati-hati karena meski mereka memajang alamat offline, tapi belum tentu juga benar.

Saya mau share apa yang dialami oleh rekan dari sahabat saya yang beberapa waktu lalu merasa di tipu oleh toko online aksesoris mobil. Memang pesanannya dikirim dan sampai ke dia tapi ternyata barang yang sampai tidak sesuai dengan yang dia lihat di foto toko aksesoris mobil tadi. Ini juga harus jadi pelajaran juga, karena foto yang di pajang di website toko online pasti bagus dan mudah banget membuatnya, tinggal cari di internet, edit dikit pake photoshop, jaadi deh.Mending kalo harga aksesoris mobil itu murah, tapi ini 1,5 jutaan.

Sebagai warga jakarta dan sudah cukup lama tinggal disini, jadi sedikit banyaknya mengenal kota jakarta ini, seperti yang pernah saya share di posting sebelumnya tentang jakarta grosir aksesoris mobil, bahwa anda kalau ingin beli aksesoris mobil online, saya mereferensi-in victory auto dengan website resminya www.indoneka.com, jelas alamatnya tokonya, ada bengkelnya jika ingin minta langsung dipasangi di mobil dan lumayan murah. Ini bukan meng-iklan-kan atau promosi-in, ini pure saya tulis sesuai dengan kenyataan.

Sekarang saya tantang anda untuk cek website toko aksesoris mobil online yang ada alamat tokonya, andai ada coba anda cek ke-lokasinya, kalau anda jauh dari jakarta, anda bisa tanya kenalan atau saudara anda yang di jakarta untuk memastikan kebenaran alamatnya. Apa anda masih ingin belanja ke situs jual online dengan ketidak jelasan posisi dimana mereka berada??.Siapa yang akan jamin dan apa sesuai barang yang di kirim nantinya dengan apa yang anda pesan dari foto di toko online itu?. Imbasnya bukan kita saja yang tertipu tapi bisnis online yang fair/ baik juga terkena dampaknya karena pelanggan jadi males belanja online

Kesimpulan:

- Jangan ragu untuk membeli barang melalui online, tapi mesti hati-hati.
- Tidak semua toko online buruk, hanya saja ada sebagian orang yang memanfaatkan untuk keperluan negatif, dan kalau sudah niat ya susah jadinya.
- Anda mesti apakah mereka memiliki alamat resmi, kalaupun ada anda mesti cek kebenaran lokasinya. Bisa tanya ke kenalan anda, saudara.
- Saat transaksi pastikan bahwa kondisi barang sesuai dengan di fotonya, minta kejelasan dan sanksi jika tidak sesuai.
- Catat semua transaksi anda, situsnya dan lamat websitenya pokoknya rekam jejaknya, karena ini untuk keperluan pelaporan anda ke kepolisian jika ada apa-apa, karena meski sudah ada undang-undang ITE (informasi dan Transaksi Elektronik), namun pasti memerlukan bukti-bukti toh.
- Cari referensi dari kenalan dan saudara untuk jenis toko online yang bagus, memiliki reputasi baik dan profesional.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments