Rumah Baru Minimalis Solusi Lahan Sempit

Rumah Baru Minimalis Solusi Lahan Sempit

Rumah Minimalis - Saat ingin membeli rumah baru ataupun membangun sebuah rumah jika sudah ada tanah, tentu butuh perhitungan yang matang, jangan sampai ketika rumahnya sudah jadi kita malah kurang puas dengan hasilnya, dan jika ingin di rombak lagi tentu dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Dengan budget yang minim sebenarnya anda bisa mengakali agar rumah anda bisa jadi idaman meski dengan lahan yang sempit.

Ketika membeli rumah, sebaiknya memili konsep minimalis, yang artinya semua sudut rumah bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan rumah tangga. Lebih baik lagi jika anda membangun rumah dari awal melalui lahan atau tanah yang anda punya. Sebaiknya konsultasi dengan ahli tata ruang serta arsitek dan desainer agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sekarang ini rumah minimalis di jakarta sudah banyak yang ditawarkan oleh pengembang property, dan anda bisa melihat koleksi mereka sebelum menentukan mana yang terbaik dan layak anda beli. Beberapa bagian penting dari rumah tentu harus jadi perhatian serius anda, diantaranya kamar, toilet serta dapur dan tempat cuci baju.

Dibawah ini ada beberapa tips merombak tata ruang agar rumah anda jadi lebih gaya dan juga minimalis:

Ruang Jemur Beratap Buka-Tutup

Area servis yang terbatas memang perlu siasat jitu. Butuh pertimbangan matang, agar semua kegiatan lancar, tanpa terlalu merepotkan asisten yang berkegiatan di situ.

- Ruang jemur dan cuci di lokasi ini menyerupai lorong, hanya seluas 2mx1,5m, berbatasan dengan tangga ke lantai bawah dan ruang setrika yang berukuran lebih sempit lagi. Sisa ruang selebar 1 m cukup untuk lalu lintas dua orang tanpa bersenggolan.

- Di sana terdapat dua unit mesin cuci dan tumpukan kotak penyimpanan berbahan plastik yang dapat dipindah-pindah.

- Kabel baja berdiameter 2mm terentang lebih dari dua meter di alas lantai dalam enam lajur untuk jemuran. Sebagai pengikat digunakan tiga baris besi hollow dengan arah berlawanan dari rentangan kabel. Pakaian yang sudah dicuci langsung dijemur menggunakan hanger.

- Lantas, dari mana sumber cahaya untuk mengeringkan pakaian? Ternyata sebuah louvre terpasang sebagai atapnya. Atap jenis ini dapat dibuka tutup menggunakan tali, seperti window blind, sehingga aliran udara juga bisa masuk ke ruang lersebut. Tinggi ruang yang 3.5 meter mendukung hawa yang cukup segar mengalir ke dalam. Rumah minimalis di jabodetabek dengan memperhatikan jemuran makin trend sekarang ini.

Pintu Geser untuk Kamar Kecil


Ruang berukuran sempit tidak otomatis menjadi tidak manusiawi. Yang diperlukan adalah desain yang pas untuk membuatnya tetap nyaman untuk ditempati atau untuk melakukan aktivitas tertentu.

- Di kamar seluas 3 meter ini seorang asisten beristirahat. Letak kamar ini berdekatan dengan ruang setrika dan ruang untuk cuci dan jemur.

- Saat masuk, terdapat sebuah ranjang knocked- down. Berada di sana memang terasa ruang begitu sempit. Terlebih, ada lemari kecil untuk menyimpan pakaian, yang juga digunakan untuk menaruh pesawat televisi.

- Semua perlengkapan tersebut dapat masuk ke ruangan, karena desain pintunya juga mendukung. Ketimbang menggunakan pintu dorong biasa, pemilihan pintu geser jelas tepat untuk kondisi seperti ini. Tak perlu ruang bebas yang luas untuk membuka pintu, karena pintu tinggal digeser ke samping.

- Pintu geser terpasang pada rel yang menempel pada kusen bagian atas. Bagian bawah daun pintu dibiarkan bebas menggantung.

- Sebuah kipas angin juga diletakkan menghadap pintu untuk memperlancar sirkulasi udara. Sebagai sarana masuknya cahaya dan udara, terpasang pula jendela kaca yang dapat dibuka. Mengadopsi dari gaya rumah jepang, pintu geser seperti ini banyak diterapkan di rumah baru murah minimalis di jakarta.

Ranjang Lipat Hemat Tempat

Barangkali asisten Anda ingin memiliki kamar lega yang nyaman huni. la juga berangan istirahat sambil menonton film di TV, layaknya di rumah sendiri.

- Siasati ruang asisten yang terbatas dengan membuat lemari pakaian menempel pada satu sisi dinding, dan biarkan dinding lainnya kosong. Lemari terdiri dari betbagai kompartemen; pakaian. barang koleksi asisten, dan laci peralatan rumah. Dengan begitu, aktivitas penyimpanan terpusai pada satu sisi dinding saja. Kamar pun jadi lega.

- Ranjang lip.it menempel pada lemari dinding, dapat dibuka dan ditutup layaknya sistem kerja pintu. Asisten Anda tinggal membuka kuncinya, lalu merebahkan papan menjadi ranjang. Begitu selesai digunakan, angkatdan tempelkan ke lemari, lalu kunci kembali. Praktis dan tidak menyita tempat. Ukuran ranjang 102cmx210cm, dan tinggi 45cm, cukup untuk satu asisten.

- Ada skylight di tepi plafon. Pendaran cahaya itu cukup menerangi ruangan. Asisten dapat bekerja di dalam ruang di kala siang tanpa perlu menyalakan lampu. Bahan skylight terbuat dari kaca yang diikat sealant. Rumah baru murah minimalis di jabodetabek sudah makin kreatif menerapkan sistem seperti ini.

- Kontainer digunakan pula sebagai meja TV. Kakinya dilengkapi roda, sehingga mudah dipindah-pindah. Aneka aksesori kamar dapat disimpan di dalamnya.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments