Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja Bahasa Indonesia dan Inggris

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja Bahasa Indonesia dan Inggris

CV atau Curriculum Vitae adalah bagian terpenting dari kelengkapan surat lamaran kerja, dan ternyata ada sebagian dari pelamar masih menganggap CV itu adalah surat lamaran kerja. Padahal CV itu adalah daftar riwayat hidup kalau dalam bahasa indonesia. CV sendiri merupakan daftar riwayat hidup kalau dalam bahasa Indonesia.

Curriculum Vitae (CV) VS Resume

Sekarang ini banyak HRD terutama jika kamu kirim surat lamaran via online yang menginginkan RESUME bukan CV, nah kamu harus fahami juga bahwa resume beda dengan CV / daftar riwayat hidup. Resume adalah CV dalam format lebih ringkas, bisa 1 halaman kertas A4 atau maksimal 2 halaman. Isinya adalah foto profile kamu, kontak info, edukasi, pengalaman kerja dan keahlian. Pengalaman kerja anda jangan terlalu panjang, ambil intisarinya saja seperti nama perusahaan, kota, negara, jabatan dan tahun lamanya kerja. Penjelasan pekerjaannya juga isi yang penting saja misalnya, riset, eksekusi bla..bla..

Pihak Hrd atau personalia biasanya memperhatikan betul isi dari daftar riwayat hidup anda, mulai dari sekolah hingga pengalaman kerja anda selama ini. Biasanya hrd akan memperhatikan jangka waktu kerja anda sebelumnya serta alasan kenapa resign atau berhenti. Karena dari sini bisa di prediksi oleh mereka tentang psikologi anda selain dari tes psikotest tentunya.

Catatan penting bagi anda yang ingin mengajukan lamaran kerja adalah, perhatikan betul alasan anda keluar dari perusahaan sebelumnya. Cobalah simak dari artikel blog carasehat.co.id tentang "tips wawancara saat ditanya alasan resign". Kalau bisa masukkan alasan anda di CV / daftar riwayat hidup dengan jawaban tersebut. Dibawah ini ada contoh cv, surat lamaran kerja dan juga cv dalam bahasa inggris, mohon maaf karena contoh tersebut berupa gambar. Tapi menurut admin ini lebih bagus agar anda bisa download dan simpan di gadget kamu.

Contoh CV Bahasa Indonesia

Cv ini admin kutif dari blog naranua.blogspot.com, ini versi simpel. Sebenarnya lebih bagus lagi anda buat lebih lengkap dan tentunya bisa menjadi nilai tambah dari CV / daftar riwayat hidup lamaran kerja anda seperti contoh gambar dibawahnya.

Contoh CV pakai kolom keterangan




Gambar diatas sudah diberi kolom penjelasan, kolom pertama berisi "posisi anda dan tugas kerja", kolom kedua "nama perusahaan" dan kolom ketiga di isi keterangan "alasan resign".

Contoh CV Bahasa inggris



Sama seperti contoh daftar riwayat hidup bahasa indonesia, ini versi sederhananya, anda bisa lebih lengkap lagi dengan membagi kolom. Atau andaipun bukan berupa kolom, sebaiknya ditambahkan posisi, tugas kerja anda dan alasan berhenti.

Contoh Surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja sama juga dengan cover letter, jadi kadang Anda harus fahami dulu maksudnya. Cover letter sangat penting juga dalam melakukan lamaran kerja, dan jika Anda melakukan lamaran kerja melalui email, kamu bisa kirim cover letternya dalam format file atau bisa langsung didalam email itu sendiri. Dibawah ini adalah contoh surat lamaran kerja, jika anda ingin pakai bahasa inggris sebenarnya formatnya hampir sama, hanya diganti bahasa inggris saja.

Melamar pekerjaan sangat perlu diperhatikan aspek penting seperti kelengkapan data, detail dan juga tentu hasil tes dan sikap kita saat interview. Karena banyak tim Hrd / personalia tidak hanya melihat skill anda saja tapi etika anda juga sangat mempengaruhi. Satu lagi, hati-hati loh, karena rata-rata penguji anda itu jago psikologi bahkan ada yang bisa baca pergerakan body language (bahasa nonverbal) anda, jadi jaga sikap.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments