Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Wisata Jogja - Yogyakarta atau paling sering disebut jogja merupakan sebuah kota dengan sejuta keindahan alamnya dan sangat terkenal akan keramah-tamahan penduduknya, beberapa teman admin sering menamai jogja ini dengan sebutan newyorkarta. Jika anda mencari tempat dengan keindahan alam dan juga peninggalan sejarah dengan karya seni tinggi, maka Jogja adalah pilihan tepat karena dikota ini begitu banyak peninggalan prasejarah serta candi-candi yang cantik.

Selain itu, Jogja juga memiliki daya tarik untuk wisata malam termasuk juga jalan malioboro yang sudah sangat melegenda itu. Dibawah ini akan di share daftar tempat wisata di yogyakarta namun sebagai referensi, ada baiknya anda juga baca artikel hotel murah di Jogja agar sesuai lokasinya dengan tujuan anda berwisata di kota Jogja ini nantinya.

Tempat Wisata di Yogyakarta Pilihan

1. Candi Plaosan

Dari corak gedung candi, di ketahui bahwasanya lokasi wisata di Jogja tersebut ialah kombinasi pada 2 kebudayaan, yakni Hindu serta Buddha. Menurut kepercayaan orang-orang lokal, Candi Plaosan tersebut mempunyai kemampuan cinta kasih pada Rakai Pikatan serta Pramudya Wardhani. Oleh karena itu, dipercaya bakal menghadirkan barokah untuk pasangan laki-laki serta wanita. Tersebut karena tempat wisata candi tersebut lumayan popular untuk pasangan suami istri yg mau dikaruniai kelahiran seseorang anak.

2. Candi Prambanan

Baca juga: Tempat Makan Wisata Kuliner di Jogja dan Alamat Lengkap

Inilah candi Hindu paling besar di lokasi Asia Tenggara, berketinggian 47 mtr. serta sudah dinyatakan selaku diantara aset kebudayaan dunia pada th. 1991 oleh UNESCO. Inilah juga candi Hindu paling megah yg ada di Indonesia. Candi Prambanan tersebut terdapat di perbatasan pada 2 propinsi, yaitu Jogjakarta serta Jawa Tengah. Tempat wisata Jogja tersebut mempunyai pemandangan nan memikat, sungguh eksotik di saat senja ketika sinar matahari menyinari gedung candi bersama gradasinya yg menakjubkan. Dari dekat, Kamu bisa melihat panorama arsitektur serta design candi yg demikian indah.

3. Pantai Baron

Pantai yg berjarak seputar 65 km dari pusat kota Jogja tersebut mempunyai pesona pemandangan yg indah serta ialah lokasi untuk Kamu yg mau menyantap bermacam hidangan laut. Pantai Baron tersebut sebenarnya ialah suatu teluk bersama kehadiran 2 buah bukit yg mengapitnya di segi kiri serta kanannya.

4. Goa Selarong


Lokasi wisata Jogja yg 1 tersebut di kenal juga selaku lokasi wisata religius di Jogja. Banyak pengunjung tiba ke Goa Selarong untuk lakukan meditasi serta bermacam ritual yang lain. Goa Selarong ialah lokasi dimana perjuangan Pangeran Diponegoro berpusat, yg jadi markas gerilya saat menghadapi penjajah Belanda.

5. Goa Jomblang


Goa yg terdapat di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul tersebut mempunyai pesona wisata goa yg dimaksud selaku “Cahaya Surgawi”. Apabila Kamu menyusuri sampai ke basic goa, Kamu bakal temukan suatu lorong alami yg adalah penghubung pada Goa Jomblang serta Goa Grubug.

6. Pantai Parangtritis


Berjarak seputar 28 km dari pusat kota Jogja, Pantai Parangtritis ialah pantai di Jogja bersama deburan ombak yg lumayan besar, mempunyai tebing batu yg menjulang tinggi serta berhampar pasir vulkanis hitam yg kemilau ketika didera cahaya matahari.

Menurut cerita serta kepercayaan orang-orang lokal, pantai Jogja yg 1 tersebut ialah jua lokasi yg anggap suci ataupun keramat. Berdasar pada legenda, pantai tersebut ialah tempat tinggal Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan yg populer bersama bajunya yg berwarna hijau. Oleh karena tersebut, pengunjung pantai dilarang memakai pakaian color hijau saat ada di lokasi pantai Parangtritis tersebut.

Daftar Lokasi Wisata di Jogya Lengkap

Wisata Keluarga

Taman Pelangi
Bukit Bintang
Taman Pintar
Kids Fun
Kebun Binatang Gembiraloka
Alun Alun Kidul
Gumuk Pasir, pantai samas dan parangtritis.

Wisata Pantai

Pantai Parangtritis
Pantai Parangkusumo
Pantai Drini
Pantai Kukup
Pantai Krakal
Pantai Depok
Pantai Ngobaran
Pantai Sepanjang
Pantai Indrayanti
Pantai Samas
Pantai Baron
Pantai Sepanjang
Pantai Kuwaru
Pantai Trisik

Wisata alam

Kaliurang
Puncak Suroloyo
Gua cerme
Gua Pindul
Kaliadem
Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
Lereng Merapi
Gumuk Pasir Parangtritis / Samas
Gua Selarong

Wisata Air terjun

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Parangtritis
Air Terjun Jogan
Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Banyu Tibo
Air Terjun Gedangan
Air Terjun Goa Cerme
Air Terjun Tlogomuncar
Air Terjun Sidoharjo
Tlogomuncar
Curug Nglinggo

Wisata Belanja

Pasar Klithikan Pakuncen
Kerajinan Gerabah Kasongan
Pasar Seni Gabusan
Tas Rajut Dowa
Jalan Malioboro
Pasar Beringharjo – pasar tradisional
Mal Malioboro
Ambarukmo Plaza atau yang biasa disingkat amplaz
Kerajinan Perak Kotagede
Coklat Monggo.
Wisata Candi

Obyek Wisata Borobudur

Candi Borobudur
Candi Prambanan
Candi Ijo
Candi Sabisari
Candi Sari
Candi Pawon
Candi Ratu Boko
Candi Mendut
Candi Kedulan
Candi Abang
Candi Plaosan

Wisata Sejarah

Taman Sari
Museum Sonobudoyo
Monumen Jogja Kembali
Benteng Vredeburg
Museum Dirgantara Mandala
Keraton Yogyakarta
Tugu Golong Gilig Jogja
dan berbagai museum yang tersebar di wilayah DIY.

Desa Wisata

Desa Wisata Kebon Agung
Desa Wisata Pentingsari
Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Banyusumurup
Desa Wisata Ledok Sambi
Desa Wisata Kasongan

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments