Pesona Tempat Wisata di Cirebon, Jawa Barat

Pesona Tempat Wisata di Cirebon, Jawa Barat

Tempat Wisata Cirebon - Cirebon memanglah diantara kota kecil yg ada di antara perbatasan Jawa Barat serta Jawa Tengah. Kota kecil tersebut umum jadikan lokasi untuk berkunjung saat lakukan perjalanan menuju kota-kota besar yg ada di Jawa Barat. Tahukah kamu nyatanya kota kecil tersebut menaruh sejuta kekayaan alam serta jua potensi rekreasi yg layak. Terdapat banyak lokasi rekreasi Cirebon yg layak serta pantas untuk didatangi oleh kamu waktu lakukan berlibur.

Lokasi rekreasi Cirebon yg banyak di ketahui oleh orang ialah rekreasi Ziarahnya saja. Walau sebenarnya di Cirebon ada banyak lokasi indah yg layak untuk jadikan lokasi melepas capek kamu. Rekreasi yg banyak di tawarkan di Cirebon ialah rekreasi alam bersama panorama yg mengagumkan. Apabila Cirebon waktu tersebut cuma populer bersama rekreasi Ziarahnya serta jua rekreasi keraton Kasepuhan dalam artikel tersebut bakal di sajikan rekreasi alam yg ada di Cirebon.

Daftar Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat

1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata tersebut ada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman tersebut datang dari 2 kata bhs Sansekerta yakni ‘sunya’ yg bermakna sepi serta ‘ragi’ yg bermakna raga. Tempat tersebut dulu memanglah dipakai oleh raja serta keluarganya selaku tempat search ketenangan.

Ada 2 gedung paling utama yakni pesanggrahan serta gua. Didalam pesanggrahan ada banyak ruang kayak ruangan tidur serta ruangan rias. Yg menyenangkan ialah gedung gua yg dari luar tampak kayak candi. Sisi dalamnya mirip gua lantaran terdapat beberapa lorong serta berupa serupa labirin. Terkecuali rindangnya pohon-pohon untuk beristirahat, di kira-kira tempat wisata tersebut ada banyak saung kecil yg jual makanan serta suvenir khas Cirebon.

2. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan adalah diantara tempat wisata di Cirebon yg banyak didatangi sehari-harinya terlebih ketika akhir minggu. Taman pemandian tersebut ada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, tempat wisata tersebut dapat ditempuh kurun waktu 25 – 30 menit perjalanan.

3. Wanawisata Ciwaringin

Rimba wisata di Cirebon bersama menghadirkan keindahan alam serta banyak ditumbuhi oleh pohon kayu putih. Sediakan tempat untuk beberapa pengagum jalan kaki serta arena motor cross. Di tempat tersebut jua ada Danau Ciranca untuk pengagum memancing. Bertempat di Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin, 17 km dari Kota Sumber.

Wanawisata Ciwaringin ramai didatangi pada hari Minggu. Apabila Kamu sukai memancing, ada Danau Ciranca untuk memuaskan hoby Kamu. Membawa pulang ikan fresh hasil memancing sendiri pasti bakal mengasyikkan. Terkecuali tersebut, ada arena motor cross yg ketika spesifik dipakai untuk kompetisi balap.

4. Kampung Batik Trusmi

Aktivitas berbelanja suvenir khas satu wilayah sulit dipisahkan dari aktivitas wisata. Apabila mau belanja batik khas Cirebon selaku oleh-oleh, Kamu dapat tiba ke Kampung Batik Trusmi di Kecamatan Plered, Cirebon. Ada batik bersama beragam motif khas yg dapat Kamu beli dengan cara eceran ataupun grosir. Tarif yg di tawarkan disini lebih tercapai di banding apabila mesti beli batik di mall ataupun pusat perbelanjaan lain.

5. Desa wisata Cikalahang

Di desa wisata tersebut, hoby memancing serta wisata kuliner Kamu bakal tercukupi. Cikalahang adalah suatu tempat wisata di Cirebon yg jadi maksud favorite keluarga. Terdapat beberapa rumah makan bersama menu ikan bakar istimewa. Tidak cuma tersebut, Kamu jua dapat memancing sendiri ikan di kolam-kolam yg sudah disiapkan alhasil ikan ditanggung masih juga dalam keadaan fresh waktu dimasak. Desa wisata Cikalahang ada di Kecamatan Dukupuntang.

6. Lapangan GOLF Ciperna

tempat lapangan golf tersebut berada di pinggir jalan raya Cirebon-Kuningan bersama kontur tanah berbukit serta berjarak kira-kira 5 km ke arah selatan dari kota Cirebon, ada di ketinggian 200 m diatas permukaan laut. Daya tarik paling utama tempat tersebut ialah keindahan dari panorama kota Cirebon bersama latar belakang laut terlepas ke arah utara, sedang ke arah selatan ada Gunung Ciremai, situasi yg menyenangkan.

Berdasar pada Perda nomer 25 th. 1996, tempat wisata Ciperna tersebut diputuskan seluas 300 Ha yg ditujukan untuk 5 (5) ruangan tempat pengembangan diantaranya selaku tersebut :

- tempat wisata Agro Griya. Pembangunan Agro Griya berbentuk rumah kebun yg bisa disewakan bersama sarana Hotel Bintang.
- tempat wisata Agro Tirta. Pembangunan Agro Tirta berbentuk pembuatan danau bikinan yg dipersenjatai wisata air.
- tempat Agro wisata I
- tempat Agro wisata II. Agro wisata I serta II diarahkan berbentuk pembangunan tempat perkebunan mangga gedong gincu, srikaya, ataupun tanaman macam lainya. Di samping tersebut bangun track berolahraga yg bisa sesuaikan bersama kontur tanah sekitarnya.
- tempat Land Mark.

7. Situ Sedong

Situ Sedong adalah waduk bikinan sekalian tempat wisata di Cirebon, Berada di Kecamatan Sedong yg berjarak kira-kira 26 km dari pusat Kota Sumber, bersama tempat seluas 62, 5 Ha. Terkecuali mempunyai pemandangan alam yg indah, situ tersebut jua kerap dimaksud bersama nama situ pengasingan yg jua adalah tempat wisata air serta pemancingan. tempat tersebut banyak didatangi keluarga waktu akhir minggu. Terkecuali dapat lihat panorama, ada jua permainan yg dapat Kamu pakai untuk rileks berbarengan keluarga kayak bebek air. Bebek air dapat dipakai untuk melingkari Situ Sedong.

8. tempat wisata Belawa Cirebon

Tempat tempat wisata tersebut berjarak kira-kira 25 km dari Kota Sumber menuju arah timur. Objek wisata tersebut memiliki daya tarik dari kura-kura yg mempunyai ciri prioritas pada punggung bersama nama latin " Aquatic Tortose Ortilia norneensis ".

9. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution adalah taman rekreasi paling besar yg ada di kota tersebut. Awal mulanya, taman tersebut bernama Traffic Garden Cirebon serta jadi lokasi rekreasi di Cirebon yg paling banyak didatangi. Pada th. 1966, taman tersebut beralih nama jadi Taman Ade Irma Nasution.

Lokasi rekreasi tersebut pas sekali didatangi berbarengan keluarga. Disini, ada lokasi bermain anak serta kebun binatang mini. Lantaran tempatnya yg berdekatan bersama pelabuhan Cirebon, Kamu jua dapat nikmati keindahan pantai. Terkecuali tersebut, ada pertunjukan musik serta seni yg teratur diselenggarakan sehari-hari Minggu serta hari libur nasional di panggung yg sudah disiapkan.

10. Objek Rekreasi Plangon

Objek rekreasi plangon tempatnya di Desa Babkan Kecamatan Sumber berjarak lebih kurang kira-kira 10 km dari kota Cirebon. Lokasi rekreasi yg mempunyai pemandangan alam yg indah tersebut ditempati oleh sekumpulan kera liar. Terkecuali selaku lokasi rekreasi, di sini jua ada makam Pangeran Kejaksan serta Pangeran Panjunan.

11. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah keraton kesultanan pertama di Cirebon yg di bangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada th. 1529. Terkecuali selaku keraton tertua di Cirebon, keraton tersebut jua jadi yg termegah serta paling tertangani di kota tersebut. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Sedang gedung intinya berwarna putih yg di dalamnya ada singgasana sultan serta ruangan tidur.

Gedung peninggalan histori tersebut saat ini jadi lokasi rekreasi di Cirebon yg jadi maksud favorite pengunjung dari luar kota. Disini, Kamu dapat lihat benda-benda pusaka punya sultan dulu serta jua suatu Kereta Singa yg cuma dikeluarkan tiap-tiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

12. Objek Rekreasi Situ Patok

Luas Situ Patok kira-kira 175 Ha serta berada di Desa Setu Patok yg berjarak kira-kira 6 km dari Kota Cirebon menuju arah Tegal, objek rekreasi tersebut terkecuali mempunyai pemandangan alam yg indah jua ada fasilitas rekreasi air dan pemancingan.

Tempat tersebut mempunyai rpotensi untuk di kembangkan kira-kira tempat 7 Ha, bersama status tanah punya negara. Prasarana yg dibutuhkan ialah pembuatan suatu dermaga, pengadaan perahu motor, fasilitas pemancingan, dan pembangunan rumah makan yg artistik. Jalan menuju arah tempat tersebut lumayan baik serta lebar, aliran listrik telah ada serta waktu tersebut ketertarikan pengunjung untuk bertandang ke rekreasi tersebut lumayan banyak.

13. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman berjarak cuma kira-kira 600 mtr. dari Keraton Kasepuhan. Keraton tersebut di bangun oleh Sultan Badaruddin pada th. 1588 lantaran berlangsung perselisihan perihal siapa pewaris keraton. Dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman, Kamu bakal melalui pasar tradisional yg jual beragam jenis suvenir khas Cirebon alhasil dapat mempermudah Kamu untuk beli oleh-oleh.

Disini, Kamu dapat masuk museum yg di dalamnya ada banyak benda peninggalan bersejarah kayak piring-piring antik dari Eropa yg adalah koleksi sultan dulu. Terkecuali tersebut, keraton tersebut masih tetap jadi lokasi berdiam keturunan ke-12 kesultanan yakni Raja Muhammad Emiruddin serta keluarganya.

14. Lokasi Rekreasi Cikalahang

Lokasi Cikalahang ialah wilayah yg masih tetap baru berkembang bersama daya dukung alam. Tujuan beberapa turis pada awalnya ialah objek rekreasi Telaga Remis yg diatur oleh Perum Perhutani KPH Kuningan serta berada di distrik Kuningan.

Hingga saat tersebut lokasi Telaga Remis masih tetap bisa menyenangkan beberapa turis yg dapat dihandalkan dari sisi pendapatan. Jalan untuk menuju objek rekreasi tersebut ialah melalui Desa Cikalahang yg tempatnya di distrik Kabupaten Cirebon, alhasil keberadaannya bisa memberi faedah untuk orang-orang di kira-kira bisnis lain selaku fasilitas pendukung rekreasi. Di samping tersebut lokasi Cikalahang telah berkembang jadi suatu lokasi yg mempunyai daya tarik sendiri yakni dari bisnis restoran/rumah makan ikan bakar.

15. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa dimaksud jua bersama Masjid Agung Kasepuhan lantaran tempatnya yg berdekatan bersama Keraton Kasepuhan. Masjid tersebut jadi diantara lokasi rekreasi di Cirebon. Di halaman masjid ada sumber yg dimaksud mempunyai sumber yg sama bersama sumur air zam-zam di Mekkah. Air dari sumur tersebut jua diakui bisa mengobati beragam penyakit apabila diminum serta digunakan membersihkan muka.

Yg unik dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa ialah pintu masuk yg di buat tak tinggi alhasil tiap-tiap orang yg masuk mesti merundukkan badannya. Hal tersebut selaku sinyal penghormatan serta kesopanan saat masuk ke rumah beribadah.

Air di taman pemandian tersebut ialah sumber air panas alami yg memiliki kandungan belerang serta diakui dapat mengobati beragam penyakit kulit. Di kira-kira tempat pemandian ada banyak gazebo untuk beristirahat.

Berdasar sebagian riset adalah spesies kura-kura langka serta pantas untuk dilindungi keberadaannya. Rencanannya objek rekreasi tersebut bakal di kembangkan jadi suatu lokasi yg lebih komplit lagi, yakni taman kura-kura (turle park) ataupun taman reptilia.

Puncak acaranya umum di saat ziarah Plangon tanggal 2 syawal, 11 Dzulhijjah, serta 27 Rajab. Untuk pengembangan dari objek rekreasi tersebut mencakup tempat kira-kira 10 Ha, serta status tanah tersebut ialah punya Kesultanan.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments