Indahnya Tempat Wisata Dieng

Indahnya Tempat Wisata Dieng

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan alam sekaligus menceritakan kisah sejarah bangsa ini di zaman dahulu. Di pulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Tengah, tempat wisata semacam ini sebenarnya banyak dijumpai. Namun salah satu yang paling menawan namun masih tidak banyak diketahui banyak orang adalah tempat wisata Dieng.

Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Tepatnya di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dengan ketinggian lebih dari 2000 meter dari permukaan laut, Dieng disebut-sebut sebagai atap pulau Jawa. Dieng diambil dari bahasa Sansekerta “Di” (tempat tinggi) dan “Hyang” (tempat para dewa). Entah apakah nama tersebut mempunyai hubungan atau tidak, namun Dieng dikenal pula sebagai tempat wisata yang mempunyai suasana spiritual yang cukup kental.


Dieng mempunyai banyak sekali pemandangan indah. Berikut adalah beberapa tempat yang patut Anda lihat jika Anda mengunjungi Dieng:

1. Candi-candi. Tersebar di berbagai penjuru dataran tinggi ini, candi-candi yang bercorak Hindu ini diberi nama sesuai dengan nama tokoh dalam kisah Mahabharata.

2. Bukit Sikunir Dieng. Dengan ketinggian 2.200 meter dari permukaan laut, Anda bisa melihat betapa megahnya matahari terbit di bukit ini. Warna jingga matahari membuat warga menyebut bukit ini Sikunir, bahasa Jawa dari kunyit.

3. Telaga Warna Dieng. Telaga yang unik ini dapat dinikmati dari puncak bukit, di mana Anda bisa melihat warna telaga berubah warna hijau, kuning, dan pelangi saat matahari menyinarinya.

4. Telaga Cebong Dieng. Terletak di ketinggian 2.300 meter, Anda dapat melihat betapa jernihnya telaga yang memantulkan birunya langit dan hijaunya hutan sambil berperahu di tengahnya.

5. Sumur Jalatunda. Sumur ini mempunyai diameter 90 meter, dan terbentuk akibat letusan gunung yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Anda harus mendaki 257 anak tangga untuk mencapainya.

Daerah wisata Dieng menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat sayang jika dilewatkan. Ditambah dengan kesejukan udara yang bersuhu 15 hingga 20 derajat Celcius, Dieng menawarkan sebuah pengalaman spiritual tersendiri, jauh dari hiruk-pikuk kota. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Magelang merupakan rute terdekat, karena dapat ditempuh dalam waktu 2 jam saja.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments