Keindahan Tempat Wisata di Pontianak

Keindahan Tempat Wisata di Pontianak

Sudah pernah mendengar nama Pulau Selimpai Paloh yang termasuk sebagai tempat wisata di Pontianak? Kawasan Pantai Selimpai adalah salah satu kawasan konservasi yang ada di Kalimantan Barat dan diberi nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pantai ini berbentuk tanjung dengan sisi garis laut dan bibir sungai yang berjarak hanya selebar lapangan sepakbola. Keunikan dari tempat ini adalah bibir pantainya yang menghadap ke sungai serta bibir pantai lainnya menghadap ke laut lepas dengan pemandangan ombak Natuna yang bergulung-gulung.

Tanjung Selimpai berbentuk memanjang. Seperti layaknya sebuah pulau, Selimpai dipisahkan oleh daratan Kabupaten Sambas. Di bagian sisi selatan hingga ke barat Selimpai berbatasan langsung dengan laut Natuna. Sementara di sisi bagian utara hingga membentang ke bagian timurnya di kepung oleh aliran Sungai Merabau. Sehingga bagi siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan disuguhi berbagai pemandangan indah berupa hutan pinus, pantai, laut serta sungai yang saling berbatasan. Bahkan dari kejauhan bisa terlihat Tanjung Datuk yang merupakan kawasan perbatasan Malaysia.

Segala keindahan tersebut sangat sayang untuk dilewatkan jika sedang berada atau bepergian ke wilayah Sambas, Kalimantan Barat. Tidak heran juga jika akhirnya banyak yang beranggapan bahwa Pantai Selimpai merupakan pantai eksotis yang pernah dimiliki oleh Kalimantan Barat. Selain karena bentuk pantainya yang unik, Pantai Selimpai juga terkenal karena adanya tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain sekitar Kalimantan Barat, simak juga tempat wisata di banjarmasin.

Bagian dari tempat wisata di Pontianak ini memiliki pasir putih yang landai serta pohon pinus yang tinggi menjulang. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Selimpai, Paloh. Pasir pantainya begitu bersih dan tidak kalah jika dibandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Selain itu adanya pohon pinus di wilayah lahan Selimpai membuat suasana pulau mini ini semakin asri. Bukan hanya itu, perpaduan antara pohon cemara dan rumput hijau setinggi mata kaki yang ada di sekitar Pulau Selimpai, Paloh juga menjadi panorama tersendiri yang menghadirkan suasana pemandangan sejuk dan nyaman.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments