Tempat Wisata Balikpapan, Kaya Hasil Alam dan Kuliner

Tempat Wisata Balikpapan, Kaya Hasil Alam dan Kuliner

Saat Anda hendak memikirkan alternatif tempat wisata, bagaimana jika Anda mencoba tempat wisata Balikpapan? Di kota yang berada di propinsi Kalimantan Timur ini, bukan hanya sumber minyak saja yang ada, tetapi juga ada keindahan alam yang masih belum banyak dikenal orang. Jika Anda hendak bepergian bersama keluarga, maka kota ini bisa menjadi pilihan.

Apa saja tempat yang patut dikunjungi di Kota Balikpapan? Inilah beberapa di antaranya:

1. Pantai Kemala
Pantai yang menjadi tujuan wisata favorit warga sekitar. Pasir putih, pohon kelapa, dan juga ombak yang kecil mempunyai banyak kemiripan dengan Pantai Jimbaran di Bali. Masuk ke pantai ini cukup membayar Rp5.000,00.

2. Pantai Melawai
Tidak jauh dari Pantai Kemala. Ada banyak kuliner murah yang bisa Anda nikmati di sini sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam. Tiket masuk Rp500,00.

3. Pantai Lamaru
Suasana di pantai ini lebih tenang, cocok untuk yang ingin menghindari keramaian. Fasilitas seperti toilet, warung, dan parkir ada di sini. Harga tiket masuk Rp2.000,00 per orangnya.

4. Penangkaran Buaya Teritip
Berada dekat Pantai Lamaru, terdapat lebih dari 1.500 ekor buaya dari berbagai spesies yang beberapa terancam punah. Selain memberi makan buaya, dijual pula cinderamata dari kulit buaya dan sate buaya. Biaya masuk Rp10.000,00.

5. Hutan Wanawisata
Merupakan daerah hutan lindung dengan pepohonan yang khas Kalimantan, tempat ini cocok untuk berpiknik dan bermain bersama keluarga. Tiket masuk Rp1.000,00.

Masih ada banyak tempat wisata yang layak dikunjungi di Balikpapan, seperti Margasari, yang merupakan kampung air dan membuat Anda merasa berada di Venice, Monpera yang merupakan tugu simbol keberanian warga Balikpapan mempertahankan kemerdekaan, pusat kerajinan tangan Pasar Kebun Sayur, dan Anda bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari dan menawar di Pasar Klandasan.

Mengunjungi tempat wisata Balikpapan tentunya tidak lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Sebagai daerah yang kaya dengan hasil laut, maka seafood banyak menjadi andalan di kota ini. Mulai dari olahan kepiting hingga cumi-cumi bisa Anda temukan di sini. Salah satu yang paling terkenal adalah ikan bandeng yang tidak berduri dan kepiting saus kenari. Makanan ini selain lezat, juga menyehatkan.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments