Tempat Wisata di Banjarmasin yang Memukau

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Memukau

Apa saja tempat wisata di Banjarmasin? Sebelum mencari tahu wisata apa saja yang ada di Banjarmasin ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengenal lebih jauh mengenai ibukota dari Provinsi Kalimantan Selatan ini. Banjarmasin merupakan kota dengan lokasi yang sangat strategis dalam segi geografis sehingga kota ini dijadikan sebagai pintu gerbang serta pusat kegiatan ekonomi nasional. Banjarmasin juga terkenal dengan julukan kota seribu karena memiliki sekitar 25 pulau kecil yang terbagi kedalam bagian-bagian kota dengan dibatasi sungai. Tidak heran tentunya jika berbagai lokasi wisata yang ada di Banjarmasin sangat erat dengan wisata sungai seperti halnya Jembatan Barito dan Pasar Apung.

Tempat wisata paling populer bagi kalangan wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin adalah Jembatan Barito. Tempat wisata yang satu ini adalah ikon kota Banjarmasin. Panjangnya mencapai 1 Km, sekaligus menjadi penghubung antara sisi barat dan timur dari Sungai Barito. Bagi yang berminat untuk menikmati keindahan Jembatan Barito maka waktu yang paling tepat adalah ketika pagi atau sore hari karena pada waktu-waktu tersebut jembatan akan dipenuhi dengan berbagai aktivitas penduduk. Namun ketika memasuki malam hari Jembatan Barito mulai berkurang aktivitasnya bahkan terlihat sangat sepi sehingga tidak menarik lagi untuk dilihat.

Sementara tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi ketika berada di Banjarmasin adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang menjadi salah satu masjid terbesar di Banjarmasin. Masjid ini terletak di pusat kota Banjarmasin dan daya tampungnya mencapai lebih dari 15.000 orang. Kompleks Masjid Raya Sabilal Muhtadin juga digunakan sebagai kantor MUI Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu, ada tempat wisata di Banjarmasin yang cukup menarik dan menyimpan sebuah pengalaman tersendiri. Lokasi wisata tersebut adalah Desa Pumpung yang merupakan tempat penambangan intan yang hingga saat ini masih menggunakan cara tradisional. Desa yang tergabung dalam wilayah Kabupaten Martapura ini dapat dikunjungi wisatawan yang ingin secara langsung menyaksikan proses penambangan intan secara tradisional. Tentunya sangat menarik bukan? Kapan lagi bisa mendapatkan kesempatan emas untuk menyaksikan secara langsung proses penambangan intan seperti yang ada di Banjarmasin.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments