Tempat Wisata di Kalimantan, Eksotisme Alam Nan Indah

Tempat Wisata di Kalimantan, Eksotisme Alam Nan Indah

Jika pada saat liburan Anda merasa bosan hanya di tempat yang itu-itu saja, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata di Kalimantan. Pulau Borneo mempunyai banyak tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi yang pastinya tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di Pulau Jawa. Berikut adalah daftar beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan jika Anda berencana untuk bepergian ke pulau ini.

Beberapa tempat wisata wajib dikunjungi di Kalimantan adalah:

1. Kepulauan Derawan
Terletak di Kalimantan Timur, Derawan terdiri dari pulau-pulau kecil yang indah dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyelam. Selain itu, terdapat juga laguna yang disebut dengan Danau Kakaban yang menyimpan pemandangan menarik.

2. Martapura
Tempat di Kalimantan Selatan ini adalah pusatnya intan dan permata. Wisatawan yang ingin mengumpulkan batu-batu mulia bisa mencari di Pasar Cahaya Bumi Selamat dan Pasar Batu.

3. Pasar Terapung Banjarmasin
Pasar unik yang ada di Sungai Kuin, Kalimantan Selatan. Waktu paling baik untuk mengunjunginya adalah pagi hari, saat para pedagang menggelar dagangannya di perahu masing-masing.

4. Taman Bukit Bougenville
Berada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, tempat ini adalah taman bunga dengan lebih dari 46 spesies bougenville di dalamnya.

5. Taman Nasional Danau Sentarum
Berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dan surga bagi para pemerhati burung. Burung seperti rangkong dan bekakak bisa dilihat di sini.

Itulah beberapa tempat wisata wajib kunjung yang ada di Pulau Kalimantan. Tentu saja, mengingat betapa besar pulau ini, masih ada banyak tempat wisata yang belum disebutkan. Berbagai tempat wisata alam tersebar di provinsi ini, mulai dari goa, pantai, hingga hutan yang penuh dengan pohon-pohon besar khas dari Kalimantan. Belum lagi berbagai tempat bersejarah dan tempat budaya yang berbeda-beda di setiap provinsi.

Setelah puas mengunjungi tempat wisata di Kalimantan tersebut, Anda bisa mengisi perut dengan kuliner khas dari Kalimantan, seperti Juhu Singkah Enyuh yang merupakan iga sapi dengan umbut kelapa, Daun Kelakai yang merupakan camilan dari tanaman pakis yang tumbuh di sepanjang sungai Kalimantan, dan Dami Goreng yang berasal dari kulit cempedak.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments