Tempat Wisata di Klaten yang Memikat Hati

Tempat Wisata di Klaten yang Memikat Hati

Di bidang tempat wisata di klaten, tidak hanya mempunyai Candi Prambanan saja. Memang candi tersebut telah banyak dikenal orang bahkan seluruh dunia. Selain itu, masih terdapat banyak obyek wisata yang memiliki potensial siap untuk dikembangkan. Di daerah Klaten, selain objek wisata, masih ada wisata seni tradisional, upacara yang tradisional berpotensial. Menjadi pintu gerbang di sebelah selatan wisata di Jawa Tengah.

Ada banyak sekali memang tempat wisata yang ada di Klaten. Obyek pariwisata di Klaten adalah sebagai berikut:

- Candi Prambanan,
- Telaga Jombor,
- Alam Deles Indah,
- Candi Sewu,
- Pancingan Janti,
- Museum gula,

Candi Prambanan adalah peninggalan dari kebudayaan Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki pesona tersendiri. Karena bentuk bangunan dan penataannya yang menakjubkan. Prambanan juga terdapat kisah dan legenda yang menarik wisatawan. Maka candi ini menjadi tempat yang sangat diminati oleh banyak wisatawan. Komplek candi ini dibangun abad 9 M memiliki tiga bangunan yang berarsitektur indah. Ketiga bangunan itu memiliki arti tersendiri yaitu:

- Candi Siwa artinya Dewa Pelebur ada di tengah.
- Candi Brahma artinya Dewa Penjaga ada di selatan.
- Candi Wisnu artinya Dewa Pencipta ada di utara.

Para wisatawan dapat melihat serta mengikuti cerita Ramayana. Relief nya dipahat searah dengan jarum jam pada pagar langkan. Pada pagar langkan yang terdapat di Candi Wisnu dipahat relief dengan cerita Krisnayana. Memasuki Candi Siwa wisatawan dapat melihat sebuah patung putri cantik yang bernama Roro Jonggrang. Roro Jonggrang merupakan putri Raja Boko. Putri tersebut ingin dinikahi Bandung Bondowoso, Putra dari Raja Pengging.

Roro Jonggrang tidak suka terhadap Bandung, maka menolak pinangan dengan mengajukan sebuah syarat yaitu meminta seribu candi dalam semalam. Dengan supranatural, Bandung sanggup dengan syarat tersebut. Hampir berhasil untuk menyelesaikan tugas. Roro Jonggrang kemudian panik dan berusaha untuk menggagalkannya dengan mengerahkan wanita desa agar membakar jerami. Serta menumbuk padi maka suasana seperti akan pagi hari. Mengira waktu berakhir, kekuatan supranatural berlarian. Demikianlah tempat wisata di klaten yang paling populer.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments