Tempat Wisata di Pekalongan, Kota Batik yang Mempesona

Tempat Wisata di Pekalongan, Kota Batik yang Mempesona

Jika mendengar kata Kota Pekalongan yang diingat mungkin adalah batiknya, padahal sebenarnya tempat wisata di Pekalongan tidaklah kalah banyak. Kota di Jawa Tengah ini berada tepat di jalur pantura, menghubungkan antara tiga ibukota provinsi, yaitu Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kota ini mempunyai nuansa yang cukup religius, dan mempunyai berbagai tradisi adat yang khas. Walaupun lebih sering dikenal sebagai kota tempat transit, Pekalongan mempunyai daya tarik wisata sendiri.

Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi saat melalui Pekalongan adalah:

1. Museum Batik Pekalongan
Pilihan pertama bagi yang mengunjungi Kota Batik ini. Anda bisa melihat berbagai koleksi batik dari corak kuno sampai modern dari seluruh Indonesia.

2. Curug Bajing
Terletak 1,5 jam dari Kota Pekalongan, perjalanan menuju tempat ini sangat menyegarkan mata karena penuh dengan hijaunya hutan dan sawah.

3. Linggo Asri
Berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, tempat ini adalah tempat rekreasi bagi orang Pekalongan dan cocok untuk berkemah.

4. Desa Wisata Lolong
Bagi pecinta durian, tempat ini wajib dikunjungi karena adanya perkebunan durian yang luas dan banyaknya penjual durian.

5. Wisata Alam Watu Ireng
Tempat misterius di mana sebuah batu hitam besar berada. Menurut mitos, batu tersebut mempunyai rongga yang besar.

6. Pantai Wonokerto
Bila ingin membeli ikan segar langsung dari nelayan, di sinilah tempatnya.

Masih banyak lagi yang bisa dikunjungi di Pekalongan, seperti Pantai Pasir Kencana dan Pantai Depok yang banyak dikunjungi oleh warga dan wisatawan pada akhir pekan, tempat pemandian air panas yang disebut Tirta Bumi yang dianggap bisa menyembuhkan sakit kulit dan rematik, dan berbagai wisata alam lainnya. Pekalongan sungguh kaya akan kekayaan alam yang patut ditelusuri lebih lanjut.

Setelah berjalan-jalan, tentunya Anda juga perlu mencicipi kuliner khas dari Pekalongan. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Megono, yaitu nasi putih yang ditaburi nangka muda cacah yang sudah direbus. Selain itu ada pula Garang Asem, yaitu tetelan dari daging dan jerohan sapi dan kuahnya mengandung banyak tomat sehingga rasanya segar. Itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan yang dapat anda kunjungi. Semoga bermanfaat!

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments