Tempat Wisata di Samarinda Mulai dari Wisata Alam Sampai Religi

Tempat Wisata di Samarinda Mulai dari Wisata Alam Sampai Religi

Samarinda adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki berbagai tempat wisata di samarinda. Samarinda banyak memiliki potensi alam dijadikan sebagai tujuan wisata. Ada banyak wisata di Samarinda, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata religi banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jika waktu liburan tiba dapat pergi ke Kota Samarinda untuk rekreasi bersama keluarga.

Di Samarinda tempat wisatanya antara lain adalah Air Terjun Berambai, Pinang Seribu, penangkaran buaya, dan Kebun Raya Unmul yang terdapat atraksi danau alam. Ada juga tempat wisata Desa Pampang lokasinya di Sungai Siring. Di Desa ini masih ada Suku Dayak Apokayan masih didukung pemerintah sebagai aset wisata budaya agar dapat menarik perhatian para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Di Desa tersebut tiap tahun diselenggarakan acara Pelas Tahun. Acara itu adalah peringatan hari ulang tahun untuk Desa Pampang. Hal yang menarik dari Desa Pampang adalah eksotisme budaya, masyarakatnya, dan adat istiadat yang unik. Wisata di Kota Samarinda yang terkenal yaitu Air Terjun Tanah Merah. Objek wisata tersebut bernuansa alam. Letaknya di Purwosari, Samarinda Utara, sekitar 14 km jika dari Kota Samarinda. Tempat wisata air terjun ini sangat tepat untuk dikunjungi karena mempunyai fasilitas lengkap, yaitu:

- Pendopo untuk beristirahat,
- Parkir luas,
- Warung-warung makan,

Saat berkunjung ke Samarinda harus meluangkan waktu agar dapat menikmati wisata religi yang ada di sana. Misalnya saja ziarah ke Makam La Mohang yaitu pendiri Kota Samarinda. Selain itu, goa Maria, Loa Janan, dan Masjid Shiratal Mustaqiem. Masjid tersebut adalah masjid tertua di Samarinda lokasinya di Kelurahan Mesjid, Samarinda Seberang. Masjid ini dibangun pada 1881.

Selain dari masjid yang telah disebutkan terdapat Masjid Islamic Center. Lokasinya di Teluk Lerong Ulu. Masjid ini megah dan masuk dalam kategori masjid paling besar di urutan kedua se Asia Tenggara. Masjid ini memiliki menara dan kubah besar berdiri tegak. Jika berencana untuk berlibur ke Samarinda, maka sempat kan berkunjung ke beberapa tempat wisata di samarinda.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments