Tempat Wisata di Tegal yang Eksotis

Tempat Wisata di Tegal yang Eksotis

Sebuah tempat wisata di tegal yang cukup eksotis di Tegal akan dibahas dalam artikel ini. Tegal tidak hanya terkenal sebagai daerah yang menghasilkan teh saja. Namun, karena ada salah satu wisata yang terkenal yaitu Guci. Tempat ini terkenal karena pemandian air panas dengan udara sejuk dan pemandangan cukup eksotis. Tegal berbatasan dengan Kota Brebes dan Pekalongan. Tepatnya berada di Gunung Slamet. Wisata Guci secara geografis berada di wilayah Tegal yang daerahnya subur dan berudara dingin. Saat memasuki Tegal maka akan terasa suasana pegunungan.

Sebelum masuk obyek wisata Guci akan melewati daerah yang subur. selain itu juga pemandangan sawah, kebun sayur, dan bawang merah yang mendominasi sepanjang jalan. Di tempat ini terkenal dengan panorama yang indah dan udara yang sejuk itu. Jalan menuju Guci tidak ramai sehingga membangkitkan suasana pedesaan yang damai. Ada beberapa tempat diantaranya adalah:

- Vila-vila yang disewakan untuk para pelancong jika ingin bermalam.
- Banyak yang menjual teh poci.

Ketika berada di Guci sangat tidak afdol jika tidak menikmati teh poci. Teh yang kental manis dan pocinya terbuat dari tanah liat akan menambah kenikmatan. Menurut mitos, air panas yang ada di Guci diberikan oleh Walisongo untuk orang yang menyiarkan agama yang di utus oleh mereka. Keunikan dari air tersebut adalah:

- Ditempatkan di guci atau poci,
- Dapat mendatangkan berkat,
- Masyarakat sekitar member nama tempat tersebut dengan Guci.

Karena air dari Walisongo sangat terbatas, pada waktu malam Jumat Kliwon, seorang sunan menancapkan tongkatnya ke tanah. Maka dengan izin Tuhan, air panas dapat mengalir tanpa belerang. Hingga saat ini ketika malam Jumat Kliwon tiba banyak para pengunjung yang datang untuk mandi di pemandian air panas agar mendapat berkah. Bagi masyarakat, tempat wisata di tegal yakni Guci dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mencari obat maka bisa datang ke pemandian air panas ini.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments