Basilica Cistern - Tempat Wisata Turki yang Aneh

Basilica Cistern - Tempat Wisata Turki yang Aneh

Jika anda ingin berkunjung ke Timur Tengah, sempatkanlah untuk mengunjungi tempat wisata turki yang aneh yaitu Basilica Cistern. Dimana jika kita datang ke objek wisata ingin mengagumi alam atau sebuah park zone yang atraktif , disini anda akan disuguhkan dengan waduk bawah tanah yang sangat luas. Konon katanya waduk ini dibuat untuk sebagai upaya untuk menghemat air, bangsa Turki mendapatkan pasokan air bersih dari daerah di sekitarnya, dimana pasa masa perang aliran air ini di taburi racun hingga menyebabkan wabah yang tak berkesudahan. Peristiwa inilah yang membuat tokoh kerajaan untuk membuat waduk yang besar sehingga bisa menimbun banyak persediaan air.

Nama lain dari Basilica Cistern adalah Yerebatan Sarnici, dimana dalam bahasa Istambul berarti Waduk bawah tanah, dimana memang benar terdapat waduk bawah air yang sengaja di buat untuk menyimpan persediaan air, tak tanggung-tanggung sebanyak 60 waduk raksasa di bangun pada bagian bawah istana. Pembangunan ini terjadi pasa masa pemerintahan Kaisar Romawi pada periode Bizantium, yaitu Kaisar justinianus pada tahun 532 Masehi. Dimana waduk ini dipergunakan kembali pada periode pemerintahan Ottoman dan di abad 19 mengalami perombakan atau perbaikan.

Bangunan bawah tanah setinggi 70 meter dan lebar 140 meter, dimana ruangan ini memang khas dari budaya Romawi tentang jumlah tiang beton sebanyak 336 buah, dimana jeda antara satu tiang ke tiang lain adalah 4 meter. Dengan ruangan sebesar ini bisa untuk menyimpan 80.000 meter, dimana ketinggian air mencapai 8 meter dengan wilayah yang terendam air sebesar 10,000 meter. Lihat juga artikel sebelumnya mengenai daftar tempat wisata di turki.

Keunikan lain yang muncul adalah pada setiap tiang terdapat gambar tiang terdapat dua gambar yang sama namun beda peletakkannya, terpatah gambar medusa disana. Satu gambar wajah medusa terbalik dan satunya lagi menyamping. Belum adanya sumber yang mengatakan bahwa mengapa terdapat gambar medusa disana? Dimana dalam mitologi Yunani munculnya wanita berambut ular ini bermula saat wanita tersebut menyukai Perseus, anak dari dewa Zeus. Ini memunculkan kecemburuan oleh Dewi Athena sehingga membuat wanita tersebut di kutuk menjadi manusia ular, dimana setiap orang yang menatap matanya akan berubah menjadi batu. Ini membuat Athena turun tangan lagi dan memenggal kepala medusa tersebut.

Entah mitologi Yunani itu benar atau salah namun yang jelas tempat wisata turki, Basilica Cistern ini memang asli ada, begitu pula dengan waduk bawah airnya. Well, bagi anda yang ingin kesana tidak ada salahnya untuk berhati-hati jika berubah menjadi medusa hanya untuk melihat waduk tersebut.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments