Belajar di Tempat Bersejarah Bandung yang Mempesona

Belajar di Tempat Bersejarah Bandung yang Mempesona

Kota bandung mempunyai banyak peran penting saat zaman penjajahan maupun setelah kemerdekaan, sehingga tempat bersejarah bandung dapat kita jumpai di banyak tempat. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena banyak kegiatan-kegiatan setelah kemerdekaan yang dilaksanakan di kota Bandung tersebut. Bahkan bandung sempat dijadikan sebagai ibukota hindia belanda. Dan tentu saja tempat-tempat tersebut masih terawat dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa tempat bersejarah di Bandung banyak yang berkaitan dengan Belanda. Seperti kilometer 0 dimana dahulu Daendels menancapkan sebuah tongkat dan sekarang sudah dibangun sebuah monumen kecil yang menandakan sentra kota Bandung. Titik kilometer 0 ini berada di jalan Asia Afrika yang mana jalan ini sebagai saksi sejarah mulainya dibangun kota Bandung.

Jalan Asia Afrika ini disebut sebagai jalan utama Bandung, karena di sepanjang jalan ini terdapat beberapa tempat yang bersejarah seperti:

1. Alun-alun
Pada zaman dahulu alun-alun ini digunakan rakyat untuk berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan. Sekarang kita bisa menjumpai banyak pedagang baik pedagang makanan maupun aksesoris disekitar alun-alun.

2. Savoy homann
Bangunan ini merupakan hotel pertama yang dibangun di bandung yang merupakan milik keluarga keturunan jerman.

3. Gedung merdeka
Gedung ini dijadikan sebagai tempat untuk konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Selain tempat bersejarah yang ada di jalan Asia Afrika, Bandung juga memiliki tempat sejarah yang berada di jalan Braga. Jalan Braga sendiri merupakan jalan yang bergengsi di hindia belanda seiring tumbuhnya pembangunan bangunan publik dan komersial. Jalan ini juga mengundang perhatian banyak turis mancanegara bahkan delegasi konferensi Asia Afrika pada masa itu untuk merenggangkan kakinya disana.

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi di Bandung membuat dibukanya jalur transportasi yang berupa stasiun kereta api. Jalur yang dibuka adalah dari batavia ke bandung, sehingga dengan dibukanya jalur tersebut semakin ramailah Bandung oleh pengunjung dari Batavia dan hingga sekarang jalur ini masih ada. Itulah beberapa tempat bersejarah bandung yang sarat akan pelajaran.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments