Magnet Kota Lama Menjadi Tujuan Tempat Wisata Jateng atau Jawa Tengah

Magnet Kota Lama Menjadi Tujuan Tempat Wisata Jateng atau Jawa Tengah

Berkunjung di tempat wisata Jawa tengah atau Jateng anda akan menemukan sebuah lokasi yang hampir mirip seperti kota tua di Jakarta, ini tak lain dan bukan adalah kota lama. Semarang merupakan basis pertahanan kedua oleh colonial Belanda, maka tak heran jika sebagian besar bangunan tua di Semarang bergaya arsitektur Eropa Belanda. Ini sangat menandakan bahwa pengaruh penjajah saat itu sangat kental disini, namun lihat sisi positifnya sekarang. Anda akan bisa merasakan seperti di Eropa hanya dengan mendatangi kota lama, letaknya yang berada di bagian timur jantung kota akan membuat anda bisa juga menikmati wisata pantai. Detailnya bisa lihat di daftar tempat wisata di semarang.

Bangunan kota lama di Semarang memang tidak diperhatikan seperti kota tua, Jakarta. Dimana lokasi ini akhirnya dijadikan kantor swasta, mulai dari perbankan, asuransi dan juga beberapa cabang keuangan besar lainnya. Aksesnya yang sangat dekat dengan pelabuhan menjadi salah satu daya tarik, namun sisi negatifnya adalah terjadinya banjir akibat air laut yang naik atau rob. Namun tenang saja anda akan terhibur dengan memanjakan diri berfoto di sepanjang jalur bangunan lama ini, selain itu masih banyak transportasi umum yang bisa di manfaatkan para backpacker.
Jika berkunjung ke kota lama, hal apa sajakah yang akan anda dapatkan, berikut ringkasan tempat yang wajib anda kunjungi:

1. Gereja Blenduk, bentuk atapnya yang seperti setengah lingkaran membuat gereja ini terkenal dengan nama tersebut, meskipun namanya adalah GPIB Immanuel. Gereja ini ada sejak 1950 dan bukan untuk umum, gaya doria menjadi ciri khas bangunan tersebut. Gereja ini masih aktif untuk kegiatan keagamaan setiap hari dan minggunya.

2. Taman Sri Gunting, lokasi tepat berada di depan gereja blenduk. Taman yang hijau dengan banyaknya pepohonan menjadikan lokasi ini mempunyai daya tarik tersendiri, apalagi untuk siang hari yang terik. Jika anda lelah berkeliling duduk dan nikmatilah berteduh dari sengatan sinar matahari disini.

3. Bangunan Tua, kota lama memang sangat identik dengan bangunannya yang khas. Bagi anda yang mempunyai hobi fotografi sangat tepat rasanya mengeluarkan kamera dan mengabadikan moment disini, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai tempat prewedding dan juga tempat photoshot.

Belum puas dengan lokasi yang di atas, tempat wisata jateng tidak hanya habis disini. Masih banyak yang lain seperti Lawang Sewu, Klentheng Sam Po Kong, Candi gedung Songo serta Masjid Agung Jawa Tengah. Sempatkan untuk berkunjung lebih lama untuk menikmati hal yang lain di kota lunpia ini seperti berwisata kuliner misalnya.

4 Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang sebaiknya dikunjungi untuk menjadikan liburan anda semakin berkualitas. Berlibur bersama keluarga sebaiknya direncanakan dengan baik agar masing-masing bisa menikmatinya dengan lebih baik. Liburan bersama dengan keluarga yang tidak direncanakan sebelumnya atau bersifat spontan. Cenderung membuat rencana atau kegiatan selama berlibur menjadi tidak teratur dan membuang banyak waktu. Langkanya kesempatan untuk menikmati liburan membuat anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Persiapan yang tidak kalah penting untuk rencana liburan bersama keluarga adalah menentukan tempat liburan yang tepat. Berikut beberapa referensi tempat wisata yang wajib didatangi saat ada di Jawa Tengah:

1. Dataran Tinggi Dieng, ada banyak lokasi spektakuler yang akan membuat anda dan keluarga berdecak kagum saat berada di kawasan Dieng.

2. Air Panas Guci, jika lokasi anda dekat dengan kota Tegal jangan lupa memasukkan obyek wisata Air Panas Guci untuk dikunjungi.

3. Masjid Agung Jawa Tengah, untuk anda yang tertarik dengan obyek wisata religi, jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke daerah Masjid Agung yang ada di Semarang.

4. Pulau Karimunjawa, bagi anda yang menyukai pantai dan aktivitas di dasar laut, maka anda bisa mampir ke Karimunjawa dan menikmati suguhan alamnya yang indah.

Sebelum anda memutuskan untuk berkunjung ke salah satu atau beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Jawa Tengah. Jangan lupa untuk meminta pertimbangan seluruh anggota keluarga yang akan ikut menikmati liburan. Semakin banyak orang akan membutuhkan banyak pertimbangan dalam menentukan tempat wisata yang tepat. Jika kebetulan waktu liburan anda terbilang singkat, sebaiknya mengutamakan lokasi wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Sebaliknya, jika anda memiliki waktu yang cukup panjang, maka anda bisa berkunjung ke kawasan yang jauh. Kemudian juga bisa mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam satu kali moment liburan.

Karena akan mengajak banyak orang dalam satu keluarga besar, maka pastikan anda sudah menyiapkan dana yang cukup. Kegiatan liburan identik dengan belanja dan mencicipi beragam kuliner khas, yang tentunya akan membutuhkan dana yang lumayan besar. Agar liburan anda maksimal, pastikan anda sudah memiliki dana yang dikhususkan untuk berlibur. Namun, jika anda kebetulan tidak memiliki persiapan dana yang besar, maka anda bisa tetap berlibur namun dengan gaya yang lebih hemat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati liburan namun tidak memakan banyak dana. Salah satunya dengan memilih tempat wisata yang lokasinya dekat, kemudian tidak memerlukan biaya masuk yang besar. Jika ingin menikmati kuliner khas, maka sebaiknya anda mencari tempat belanja yang memang dikenal sebagai pusat oleh-oleh yang berharga miring. Menikmati keindahan berbagai tempat wisata di Jawa Tengah tidak melulu harus menunggu anda memiliki banyak uang. Selamat berlibur!

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments