Mengenal Tempat di Bali yang Banyak Monyet

Mengenal Tempat di Bali yang Banyak Monyet

Ubud Monkey Forest atau Mandala Wisata Wenara Wana ialah tempat di Bali yang banyak monyet dan merupakan destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Selain bisa melihat ratusan ekor monyet atau kera, anda juga dapat berinteraksi dengan memberi makan dan mengabadikan foto. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan dan pasti disukai oleh semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Suasana dan aktivitas liburan yang berbeda dapat anda rasakan. Tak hanya menghabiskan waktu menikmati wisata pantai yang identik sebagai potensi wisata di Bali, rombongan keluarga juga akan mendapatkan pengalaman liburan baru yang tak kalah seru di Ubud Monkey Forest.

Ubud Monkey Forest merupakan suatu lokasi wisata cagar alam yang dihuni oleh ratusan monyet berekor panjang. Bagi masyarakat sekitar, monyet liar tersebut merupakan hewan keramat sehingga tak boleh diganggu habitatnya. Oleh karena itu, pengelolaan Ubud Monkey Forest dilakukan semaksimal mungkin oleh warga desa dan pihak yayasan yang bekerjasama supaya kehidupan para monyet yang ada di sana dapat berjalan dengan baik, potensi wisata yang ada semakin diminati namun tak mengurangi kesucian tempat wisata itu sendiri.

Ubud Monkey Forest memiliki luas lahan yang luar biasa sampai puluhan hektar. Hal ini sebanding dengan populasi monyet yang ada dan banyaknya wisatawan yang silih berganti mengunjunginya. Ketika datang ke tempat ini, anda akan disambut oleh dua buah patung monyet besar di kanan dan kiri jalan ketika memasuki kawasan Hutan Monyet Ubud. Terdapat dua pintu masuk, yaitu bagian barat dan timur. Anda bisa mengambil jalur timur sebagai pintu masuk utama yang memiliki area parkir lebih luas dibanding jalur sebelah barat.

Selain melirik kehidupan dan berinteraksi dengan kera, tentu saja anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan suasana yang asri. Selain itu, anda juga dapat melihat sebuah kolam yang di kelilingi oleh patung-patung monyet. Anda juga akan menemukan Pura Dalem Agung serta Pura Pemandian Suci yang unik dengan tiga konsep, yaitu:

- Utama Mandala, tempat pemandian para dewa.
- Madia Mandala, tempat kolam suci.
- Nista Mandala, pemandian umum.

Karena tempat ini sengaja dikelola demi kelangsungan hidup dan habitat para monyet, maka setiap wisatawan dikenakan biaya masuk. Tapi jangan khawatir karena tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu sekitar 15.000 rupiah untuk orang dewasa dan setengah harga untuk anak-anak. Sangat terbayar dengan keseruan liburan yang bisa anda rasakan bukan? Jadi, Ubud Monkey Forest layak dijadikan pilihan destinasi lokasi wisata cagar alam yang akan anda kunjungi ketika berlibur. Dengan mendatangi dan mempromosikan tempat di Bali yang banyak monyet ini, artinya anda ikut serta dalam melestarikan potensi wisata alam dan memperjuangkan habitat ratusan monyet yang hidup di sana.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments