5 Buah Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

5 Buah Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

Berjuang mati-matian untuk bangun sahur memang penting agar tetap kuat menjalani puasa seharian dan juga bebas dari kata lemes akibat kekurangan tenaga dalam menjalani aktifitasmu.

Nah, selain asupan makan sahur yang lezat dan pastinya bikin kamu kenyang ternyata tubuh kamu juga butuh mengonsumsi buah-buahan yang membantumu melewati puasa dengan lancar. Bukan hanya membangunkanmu ketika sahur saja, konsumsi buah-buahan yang tepat juga membantumu mengatasi berbagai macam masalah yang biasanya bikin kamu jadi males puasa. Entah itu masuk angin sampai merasa laper.

Buah Kurma

Buah hitam kecil dari tanah Timur Tengah yang satu ini memang selalu menempati urutan pertama daftar buah baik untuk sahur. Rasanya sangat manis dan padat karena memiliki kandungan zat gula tinggi yang dibutuhkan tubuh. Tapi uniknya, zat gula di dalam kurma tidak sama dengan nasi. Karena meskipun kadar zat gulanya tinggi, sebenarnya buah manis ini rendah glikemik. Jadi kamu bisa tetap mengonsumsinya dengan aman tanpa takut gendut. Kurma juga termasuk obat-obatan alami yang melawan kolesterol dalam tubuh, maka dari itu dengan mengonsumsi kurma juga bikin puasa kamu jadi makin sehat.

Buah Pepaya

Buah yang bentuknya unik ini juga disarankan untuk makan sahur, karena pepaya memiliki banyak manfaat untuk pencernaan. Seperti yang kita tahu, pepaya mengandung serat tinggi sekaligus zat-zat yang bisa membantu pencernaan makanan lebih optimal. Berbeda halnya dengan buah lainnya yang dikonsumsi sebelum makan besar, pepaya justru lebih baik dikonsumsi setelah makan sahur.

Selain itu, pepaya juga sangat baik dikonsumsi kamu yang niat puasa tapi terkendala maag. Daging buah pepaya yang halus dan juga cairannya bisa membantu lambungmu untuk menghindari nyeri di saat mencerna makanan. Bahkan pepaya juga bisa membantu kamu menyembuhkan penyakit maag.

Buah Apel

Ini termasuk buah yang praktis karena kulitnya juga bisa sekaligus dimakan. Selain itu apel termasuk jenis buah yang baik dikonsumsi ketika sahur. Karena selain kaya vitamin A,B serta C, dengan makan apel juga bisa membantu kamu menekan nafsu makan sesaat dan juga setelah makan sahur. Seperti halnya kurma, apel juga akan membantumu melawan kolesterol-kolesterol dalam tubuh. Tentunya sangat ampuh untuk membantu jantungmu lebih sehat lagi.

Buah Pisang

Si kuning lonjong yang satu ini pas menjadi suplemen tambahan sahur. Karena di dalam pisang yang berukuran sedang tersimpan hingga 30 gram karbohidrat, 110 kalori dan juga 1 gram protein. Pisang dikenal juga memiliki khasiat yang bisa menormalkan tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Tidak heran jika atlet sepeda mengandalkan pisang pasca latihan. Sama seperti pepaya, ini juga termasuk buah yang membantu melancarkan pencernaan. Jadi, bisa coba kamu mix keduanya sebagai menu sahur hari ini.

Buah Jeruk

Buah yang jadi favorit di seluruh dunia ini memang mengandung banyak manfaat dan tentunya segar. Di dalamnya ada vitamin A, B1, B2 sudah pasti vitamin C dengan jumlah banyak yang akan membuat tubuh kamu tetap bugar selama berpuasa. Dengan minum segelas jeruk manis hangat misal, kamu sudah kembali bugar meskipun tadinya kurang enak badan.

Bahkan jeruk juga sangat manjur meredakan flu ringan atau berat, terutama saat musim pancaroba seperti sekarang ini yang bikin kamu menggigil tiap bangun sahur. Selain itu, manfaat lain dari jeruk adalah mencegah infeksi, meningkatkan antibodi, membersihkan lemak tak jenuh dan masih banyak lagi.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments