Merasa Bangun Sahurmu Penuh Perjuangan? Ini Triknya Agar Terasa Ringan!

Merasa Bangun Sahurmu Penuh Perjuangan? Ini Triknya Agar Terasa Ringan!

Sahur maupun berbuka merupakan sebuah kesempatan emas yang diberikan agar dapat menikmati makan selama bulan jadwal puasa. Karena selain akan membuatmu tetap bertenaga, sebenarnya sahur juga menjadi ajang meraup lebih banyak pahala. Akan tetapi pada kenyataannya banyak orang yang saat ini masih saja melewatkannya hanya karena bangun kesiangan. Bahkan lebih parahnya lagi jika kamu ternyata tinggal sendirian.

Nah, beberapa trik dibawah ini akan membantumu bangun sahur dengan ringan dan mendapatkan kesempatan besar untuk meraih pahala.

Awali dengan niat kuat untuk bangun sahur

Sahur termasuk dalam ibadah sunah yang akan menambah pahala di bulan puasa berlipat ganda. Hal ini tentu tidak mungkin kamu sia-siakan begitu saja kan? Jadi lebih baik mulai detik ini juga niatkan di dalam hatimu dengan kuat dan sungguh-sungguh untuk bangun sahur pada dini hari. Ketika kamu sudah berniat dengan sungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin tubuh dan juga fikiranmu akan secara refleks tersadar serta segera beranjak. Bahkan kekuatan niat akan mengusir kemalasan yang selama ini menggodamu. Nah, dapat dikatakan bahwa niat merupakan faktor terbesar yang sangat membantumu untuk segera bangun sahur tanpa perlu perjuangan berat. Pastikan bahwa hal ini akan kamu tanamkan dengan kuat dalam dirimu sendiri.

Mengontrol asupan buka puasa

Memang gak sedikit orang yang cenderung memanfaaatkan waktu berbuka puasa menjadi momen balas dendam. Padahal makan terlalu banyak bukan hanya membuat tumpukan lemak semakin terus bertambah, tetapi juga menjadikan bangun sahur terasa sulit. Hal ini dikarenakan lambung terkesan penuh dengan makanan dan akan menjadikan perutmu kenyang, akibatnya tubuh juga malas bergerak.

Maka dari itu, ada baiknya untuk kamu pastikan bahwa makanmu ketika berbuka tidak berlebihan. Dengan porsi seimbang, akan menjadikan pencernaanmu merasa lebih relaks dan juga lancar. Hal ini juga membantu metabolisme tubuhmu lebih lancar. Jadi, gak perlu heran bangun pagi pada akhirnya bisa dengan mudah dilakukan.

Siapkan makan sahur sejak malam hari

Untuk bangun tengah malam dan makan sahur memang besar godaannya, terutama jika selama ini kamu tinggal sendirian. Akan tetapi hal ini bukan lagi masalah kalau kamu mau melaksanakan teknik sederhana agar bisa cepat terjaga. Salah satunya triknya adalah dengan menyiapkan makanan untuk sahur sejak malam harinya.

Sebelum tidur, ada baiknya jika kamu sedikit melakukan persiapan memasak untuk sahur atau beli beberapa makanan di warung makan terdekat. Ketika sahur tiba, kamu tentunya tinggal menyantap maupun memanaskan sebentar masakan tadi. Secara tidak langsung cara ini juga akan memperbesar motivasi kamu untuk bangun sahur. Karena akan sayang rasanya jika makanan yang sudah disiapkan tidak dimakan, mubazir, basi dan sudah pasti merugikan kamu sendiri.

Sempatkan tidur siang meski sebentar

Kedengarannya memang sangat sepele, tetapi aktifitas yang satu ini ampuh untuk membuat tubuh tetap terasa bugar sepanjang waktu. Selain menjadikan tubuhmu terhindar dari rasa lemas selama harus menahan lapar, tidur siang ini juga bisa menjadi alat yang membangunkanmu ketika sahur dini hari nanti.

Penelitian menunjukkan, tidur siang paling tidak selama 15 menit efektif mengurangi stress dan juga ketegangan. Jadi, tidurmu yang sangat singkat selama malam Ramadhan tidak akan membuat kamu merasa kurang beristirahat. Tidak heran tentunya jika tubuhmu juga bisa diajak bekerjasama untuk terjaga lebih pagi. Tetapi jangan lupa untuk memastikan jika kamu tidak tidur siang terlalu lama.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments