7 Alasan Mengapa Kereta Api Masih Nge-'Hits'

7 Alasan Mengapa Kereta Api Masih Nge-'Hits'

Siapa sih yang tidak pernah naik kereta api? Mungkin beberapa masih belum pernah, cuma, kalian sudah merasakan enaknya naik kereta api, rasanya pengen menjadikan kereta besi tersebut menjadi alat transportasi di daratan yang dapat diandalkan. Kereta api merupakan alat transportasi yang dapat berjalan dengan bantuan rel sebagai jalurnya. Kereta api berkembang dengan pesat dan di beberapa negara, alat transportasi tersebut menjadi transportasi utama salah satunya yaitu di Jepang.

Beberapa alasan membuat si kuda besi tersebut tetap menjadi pilihan nomer satu bagi para penumpang. Pertama adalah karena tiket kereta api tergolong murah untuk digunakan berpergian kemanapun dengan waktu yang singkat tanpa adanya macet. Harga tiket kereta api tergantung pada kelas atau tempat duduk yang dipesan misalnya kelas ekonomi atau kelas bisnis. Jika ingin yang paling murah ya pesan di kelas ekonomi. Tidak dikenakannya biaya tambahan untuk barang yang dibawa menjadi faktor tersendiri kenapa tiket menjadi lebih murah dan kereta api menjadi pilihan para penumpang.

Kedua adalah stabil. Selain harga yang murah, ternyata harga tiket api memiliki harga yang stabil jika dibandingkan dengan alat transportasi lainnya misalnya bus, angkot atau pesawat terbang sekalipun walaupun terkadang terdengar jika harga kereta api dapat melonjak ketika menjelang hari besar, terutama sekarang yang tiket kereta dapat dipesan secara online. Alasan ketiga adalah kereta api itu lebih nyaman bahkan jika dibandingkan dengan pesawat. Hal tersebut dikarenakan pengaturan kursi kereta api yang longgar sehingga membuat penumpang menjadi lebih nyaman.

Alasan keempat kereta api menjadi pilihan utama adalah tidak terdapatnya penimbangan barang dan tidak ada tambahan biaya untuk barang yang melebihi kapasitas seperti di pesawat. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi penumpang dengan bawaan yang banyak misalnya ketika mudik ke kampung halaman. Tidak perlu mengantri untuk memasukkan barang ke bagasi karena jika naik kereta api, barang akan dibawa masuk ke gerbong tanpa adanya biaya tambahan.

Alasan kelima adalah bebas. Kok bebas? Karena di kereta api, Anda tidak perlu memakai sabuk pengaman saat berangkat atau saat akan berhenti atau ketika lampu merah menyala. Tidak perlu takut juga jika ada turbulence seperti halnya di pesawat yang harus tenang dan tidak membuat banyak gerakan yang akan mengganggu penerbangan pesawat. Anda dapat jalan-jalan dari gerbong untuk menikmati waktu hingga tiba ke tempat tujuan Anda.

Alasan keenam adalah karena jika naik kereta api itu bebas dari macet. Jika dibandingkan dengan pesawat yang sama-sama bebas macet, tiket kereta lebih murah. Bebas macet karena kereta memiliki jalurnya tersendiri dan kereta selalu dinomorsatukan ketika sedang bergerak. Kereta api tidak mengenal lampu merah dan hijau kecuali di saat atau keadaan tertentu misalnya ada kecelakaan, ketika akan berangkat dan ketika hendak berhenti.

Alasan ketujuh adalah Anda menjadi lebih enjoy. Berbagai pemandangan yang disajikan ketika menaiki kereta jika dibandingkan dengan naik pesawat yang hanya dapat melihat hamparan awan dan langit serta pemandangan kota dari atas. Pemandangan dengan menggunakan kereta api menyuguhkan suasana kota yang terkadang beralih ke pedesaan dan beralih lagi dapat memanjakan mata Anda sehingga tidak membuat bosan. Beragam pemandangan yang beraneka macam dapat membantu Anda untuk menyegarkan kembali pikiran Anda yang sudah bosan terutama setelah melakukan aktivitas berat di kesehariannya.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments