7 Cara Menstabilkan Kebutuhan Air Saat Puasa

7 Cara Menstabilkan Kebutuhan Air Saat Puasa

Kekurangan cairan pada saat berpuasa memang merupakan sebuah hal yang biasa. Oleh karena itu harus ada siasat atau trik dan cara supaya anda bisa lebih sehat lagi ketika sedang berpuasa. Salah satunya adalah dengan memperhatikan seberapa banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh anda ketika anda sedang berpuasa. Cairan terbaik yang harus anda konsumsi adalah air putih yang memang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh kita. Walaupun leher kita kering, tapi kita harus tetap menjalani puasa dengan baik dan tidak boleh bermalas-malasan.

Manfaat air putih bagi tubuh

Tahukah anda bahwa air putih sangat berguna bagi tubuh kita? Oleh karena itu air putih dinobatkan sebagai salah satu air yang paling baik yang harus kita konsumsi. Bagi anda yang belum mengetahui manfaat dari air ini, maka anda harus menyimak penjelasan berikut antara lain:

- Anda akan terhindar dari dehidrasi, tubuh anda akan berkecukupan cairan sehingga tidak akan mengalami dehidrasi yang panjang.

- Mengontrol kalori, hal ini bertujuan untuk menstabilkan segala kalori yang ada dalam tubuh dan juga untuk menurunkan berat badan.

- Mencegah penuaan dini, menurut beberapa penelitian mengatakan jika sering mengkonsumsi air putih bisa mencegah penuaan pada wajah.

- Menjaga ginjal supaya bekerja baik, dengan meminum air putih maka ginjal kita akan bekerja dengan baik dan selalu bisa menyaring cairan.

- Detoksifikasi racun, air putih akan melawan segala racun yang ada pada tubuh kita dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Sekarang anda sudah tahu kan betapa pentingnya air putih bagi tubuh kita. Ini merupakan salah satu kesadaran yang harus dimiliki banyak orang bahwa mereka harus rajin mengkonsumsi air putih. Menurut beberapa penelitian, takaran minum air putih yang baik adalah 2 liter sehari. Ini merupakan standar normal yang harusnya dijalankan oleh beberapa orang. Namun masih banyak orang yang menyukai minum air yang mengandung keadaan lain.

Cara menstabilkan cairan pada saat puasa

Apabila anda sedang berpuasa, otomatis cairan dalam tubuh anda akan semakin berkurang. Maka anda harus bisa menjalani puasa ini dengan baik. Namun ada beberapa cara yang bisa anda pilih agar kebutuhan air anda tetap seimbang. Berikut ini adalah beberapa caranya antara lain:

1. Berpikiran positif, ini akan membantu menghilangkan rasa haus.

2. Minum 3 gelas air putih pada saat sahur, ini akan membuat cairan tubuh terisi dengan baik.

3. Pada saat berbuka minum 4 gelas air putih, ini akan membuat cairan tubuh terisi kembali.

4. Jangan minum air soda pada saat berbuka.

Bagi anda yang masih sering merasa cairan tubuh anda berkurang pada saat berpuasa, maka anda bisa meminum minuman tertentu yang akan memberikan anda energi lebih. Minuman ini sebaiknya anda konsumsi pada saat sahur agar bisa menjaga tubuh anda seharian. Anda sebaiknya juga meminum beberapa vitamin agar cairan tubuh anda tetap terjaga.

Hal yang tidak boleh anda lakukan pada saat berpuasa adalah jangan sampai anda terlalu banyak berpikiran negatif sehingga akan memacu kerja otak anda. Puasa akan berjalan dengan lancar jika selalu ada niat dari dalam diri kita masing-masing. Jadi anda tidak perlu khawatir akan cairan ini karena pasti akan ada hikmahnya. Selamat berpuasa bagi semua warga.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments