Atur Keuangan untuk Calon Anak dengan 7 Cara Ini Agar Anda Tak Kelimpungan Nantinya

Atur Keuangan untuk Calon Anak dengan 7 Cara Ini Agar Anda Tak Kelimpungan Nantinya

Masalah finansial memang menjadi hal yang paling pokok dalam hidup manusia, mengingat semua hal yang dibutuhkan hanya bisa dimiliki jika anda punya uang, apapun itu, untuk itulah pergunakan keuangan anda sebaik mungkin. Bagi keluarga yang masih baru membina hubungan rumah tangga, segala macam bentuk kebutuhan mungkin bisa dengan mudah untuk dipenuhi, apa saja yang diinginkan pasti bisa dibeli, apalagi jika dua pasangan tersebut sama-sama sudah bekerja, namun berbeda lagi ceritanya jika anda sudah memiliki anak, karena kebutuhan sekarang ini tak hanya sebatas itu-itu saja melainkan juga untuk buah hati anda.

Bagaimana anda mempersiapkan segala macam kebutuhannya untuk sekolah, uang jajan dan yang lainnya, mungkin terbilang cukup sederhana, namun nilainya sendiri tak bisa dikatakan sederhana karena sangat besar, bahkan anak sekarang ini kebutuhannya sudah melebihi orang dewasa, agar tak sampai kelimpungan berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur keuangan dan mempersiapkan tabuhan bagi anak, yaitu:

- Siapkan pembukuan, pembukuan ini tak hanya bermanfaat dalam sebuah bisnis saja melainkan juga bermanfaat bagi mengatur keuangan sebuah keluarga kecil, dari sana nanti ada banyak sekali catatan yang bisa anda lakukan, mulai dari segala macam kebutuhan bulanan dan biaya pengeluarannya, semuanya akan terperinci, anda juga bisa dengan mudah mengetahui kemana larinya uang yang dimiliki.

- Sisakan beberapa untuk tabungan, menabung memang tak terlalu mudah, apalagi mereka dengan kebutuhan yang begitu banyak, namun mulailah dari tabungan yang nilainya sangat kecil terlebih dahulu, baru kemudian ketika anda sudah terbiasa maka bisa menambah jumlahnya.

- Simpan uang di bank atau di depositokan, jenis investasi yang satu ini sangat besar nilai suku bunganya jadi dibandingkan dengan menyimpannya di rumah dengan resiko terpakai maka tak ada salahnya jika anda menginvestasikannya pada bank.

- Menahan diri dari godaan berbelanja, hal-hal ini semacam ini memang lebih sering dialami oleh wanita, dimana ada kata-kata diskon maka mereka akan membeli barang sebanyak mungkin, untuk itulah sebisa mungkin anda harus menahan diri, pikirkan keluarga dan kebutuhan untuk calon anak nantinya.

- Gunakan untuk mengambil asuransi, persiapan untuk anak memang tak hanya sebatas kebutuhan sehari-hari saja, melainkan juga kebutuhan akan pendidikan, sehingga nanti mereka bisa bersekolah hingga ke jenjang yang setinggi-tingginya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengasuransikan pada pendidikan.

- Jangan hindari hutang, sama halnya dengan masyarakat pada umumnya pasti pernah mengalami hal yang satu ini, hutang merupakan siklus keuangan yang pastinya pernah terjadi dalam hidup, namun jangan anda mencoba menghindari karena bagaimanapun pasti akan bertemu dengan hal tersebut, sebisa mungkin kelola sebaik-baiknya.

- Untuk anggaran kebutuhan sehari-hari letakkan pada yang utama, mulai dari kebutuhan untuk makan, minum, pakaian dan yang lainnya merupakan hal pokok yang wajib untuk dipenuhi setiap orang, jadi usahakan untuk mencukupinya terlebih dahulu di atas anggaran yang lainnya, baru setelah semua kebutuhan ini terpenuhi mencoba menabung untuk yang lain.

Cukup sulit memang untuk dilakukan oleh keluarga yang baru dan terbiasa dengan kehidupan berdua, namun coba pikirkan baik-baik mengenai anak anda nantinya, karena kebutuhan mereka jauh lebih banyak dan juga menjadi hal wajib yang perlu anda penuhi, sehingga dibandingkan dengan sulit mencari nanti akan ada baiknya jika mempersiapkan mulai dari sekarang.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments