Dampak Terlalu Sering Tidur yang Harus Kamu Waspadai

Dampak Terlalu Sering Tidur yang Harus Kamu Waspadai

Banyak pakar yang memiliki pendapat jika cara yang paling tepat untuk mengembalikan segala kondisi tubuh ialah tidur. Bahkan jika kurang tidur, kamu bisa kurang konsentrasi, kreativitas, hingga produktivitas. Tapi karena dianggap baik untuk tubuh kita menggunakan kesempatan ini untuk tidur dalam jangka waktu yang lama. Tidur yang sangat lama ini sering di sebut sebagai oversleeping. Keadaan ini justru membuat kondisi tubuh menjadi memburuk. Rata-rata orang tidur, umumnya 7 sampai 9 jam, dan 8 jam ialah waktu yang dianggap paling ideal. Tidur dengan waktu lebih dari 9 jam, akan menyebabkan kerusakan berbagai sel-sel yang berada di tubuh.

Berat menggila dampak tidur terlalu lama

Jika kamu tak ingin memiliki berat badan yang berlebih, lebih baik mulai sekarang hindari kebiasaan terlalu banyak tidur. Waktu tidur bisa mempengaruhi berat badan yang dimiliki seseorang. Mereka yang memiliki waktu tidur lama atau lebih dari 9 jam, akan berpotensi mengalami kelebihan berat badan sebanyak 25%. Tidak tanggung-tanggung, pertambahan berat badan yang kamu akan alami hingga 5 kilogram. Kenapa bisa kayak gitu? Orang yang punya hobby tidur, cenderung tidak bisa mengontrol pola makan yang dia miliki. Seringnya ia akan mudah merasa lapar, bahkan sebelum masuk jam makan. Jadi, jika kamu ingin mencoba hobby tidur, lebih baik kontrol dengan olahraga dan jaga pola makan.

Gangguan tidur di malam hari

Saat liburan panjang, kamu pasti sering menghabiskan waktu di siang hari dengan tidur. Alhasil, jam tidur pun menjadi lebih dari 9 jam. Sebenarnya, tidur di siang hari juga diperbolehkan. Asalkan tetap di atur. Seperti tidur hanya sekitar 1 hingga 2 jam. Jika kamu tidur siang hingga 7 jam lamanya, ketika malam hari, kamu akan sulit sekali untuk tidur. Tentu ini akan mengganggu produktivitasmu bukan? Lalu, apa yang terjadi kalau ini terjadi terus-menerus? Jika kebiasaan ini terus terjadi, kamu akan mengalami insomnia.

Sakit pinggang dan lelah

Memang sih, tidur bisa mengurangi sakit pinggang. Sering kali, jika kita terlalu capek, atau sakit pinggang, dengan tidur hal ini bisa terobati. Tapi jika kamu tidurnya berlebihan, bukan memulihkan kondisi tubuh, tapi kamu akan merasa pegal-pegal di seluruh badan. Kebiasaan tidur terlalu lama juga akan menyebabkan nyeri punggung dan rasa lelah. Tidak hanya tidur, kebiasaan tidur-tiduran juga bisa menyebabkan kamu menjadi malas.

Bisa cepat pikun

Jangan di kira kebiasaan tidur terlalu lama, tidak menyumbangkan hal ini. Jika kamu tidak ingin otakmu cepat menua, akan lebih baik kamu mengubah kebiasaan tidur berlebihanmu. Penelitian yang dilakukan di tahun 2012 lalu membuktikan, wanita yang jam tidurnya berlebih, memiliki kemungkinan menua lebih cepat kurang lebih 2 tahun. Jika umurmu sekarang masih 19 tahun, dan kamu sudah lupa dimana kamu sering menaruh barang, lebih baik kamu meneliti kebiasaan tidurmu. Jangan sampai kebiasaan tidur kurang baik yang terus terjadi ini menyebabkan kamu di panggil kakek nenek.

Tidur memang sangat baik, bahkan orang yang tidur dengan jam normal, ia memiliki kecenderungan untuk tidak mudah stress. Pembuktian ini bisa menyadarkan diri kita, betapa pentingnya untuk tidur dengan waktu yang normal. Untuk penderita depresi saja, tidur dengan waktu yang pas bisa membantu mempercepat pemulihan diri. Nah sekarang, apa kamu masih ingin bermalas-malasan dan tidur-tiduran setiap hari?.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments