Ini Alasan Mengapa Dunia Usaha Harus Segera Kamu Geluti Setelah Menjadi Sarjana

Ini Alasan Mengapa Dunia Usaha Harus Segera Kamu Geluti Setelah Menjadi Sarjana

Rasa bimbang dan tidak tahu apa yang harus dilakukan memang seringkali menghantui para sarjana. Terlebih lagi dengan lowongan pekerjaan yang saat ini mulai berkurang, ketatnya persaingan justru semakin menjadikan mereka bingung ingin melakukan apa. Tetapi sebenarnya tahukah kamu bahwa hal ini merupakan momen yang sangat tepat untuk segera mengepakkan sayapmu untuk sesegera mungkin terjun ke dunia bisnis sendiri?

Jika saat ini kamu sedang bimbang dalam menentukan jalan ke depan, maka simak alasan berikut ini yang akan memantapkan langkahmu untuk menjadi pengusaha muda.

Semangat dan energi masih penuh

Ketika sesaat setelah kamu menyandang gelar sarjana, tentu saja simpanan semangat yang dimiliki memang sedang banyak-banyaknya. Karena setelah kamu berhasil menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertinggi, kamu juga akan bersemangat untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan kucuran keringat sendiri. Sesungguhnya semangat juang di dalam diri yang kamu miliki saat ini akan menjadi unsur penting yang wajib dimiliki seorang pebisnis sejati. Semangat tinggi disertai pantang menyerah menjadi bahan bakar untuk sukses di bidangnya.

Masih banyak ide segar yang mengalir

Baru saja selesai mendapatkan gelar sarjana dan masih muda tentunya membuatmu masih memiliki segudang ide di dalam kepala. Rasa optimis sekaligus selalu berpikiran terbuka akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki banyak gagasan baru. Sesungguhnya ini menjadi satu keuntungan buat kamu. Jika terjun ke dunia bisnis sejak hari ini, maka kamu masih memiliki lebih banyak ide dan juga inovasi baru yang berperan penting terhadap bisnismu kelak.

Ilmu semakin bertambah dengan terjun langsung menangani bisnis

Dengan kamu terjun langsung dalam bisnis yang sedang kamu geluti, maka sesungguhnya kamu juga sedang menggali lebih banyak ilmu terbaru. Jika selama duduk di bangku kuliah kamu mendapatkan ilmu terapan, maka selama menjalani bisnis kamu memiliki kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang sudah kamu dapatkan dari bangku kuliah tersebut. Kamu bahkan bisa secara langsung secara nyata merasakan dan juga mempelajari bagaimana kondisi lapangan yang sebenarnya.

Hambatan di dunia usaha akan membuat ilmumu terasah

Menjadi pengusaha di usia muda tidak membuatmu rugi. Memang masih belum bisa dipastikan jika bisnis yang dijalani akan berhasil. Tidak ada jaminan juga bahwa dengan terjun ke dunia bisnis serta merta membuatmu mendadak kaya. Tetapi satu hal yang pasti, adanya timbunan pengalaman yang sudah kamu miliki akan semakin banyak dan terasah.

Bisa menentukan sendiri bidang bisnis yang kamu sukai

Dengan merintis usaha sendiri juga sebenarnya menjadi cara mengetahui rencanamu. Ladang usaha yang kedepannya akan kamu lakoni memberikan banyak jenis. Mulai dari makanan, properti, online shop sampai dengan beragam usaha yang biasa digeluti anak muda lainnya. Kamu bisa menjatuhkan pilihan ke bidang yang memang paling kamu sukai.

Belum menanggung banyak beban

Masih muda dan belum berkeluarga artinya tanggung jawab yang seharusnya kamu pikul juga masih sedikit. Kamu hanya bertanggung jawab untuk memimpin hidupmu sendiri. Tandanya hal ini adalah saat yang tepat buatmu untuk segera memulai usaha. Karena kamu juga masih memiliki waktu yang lebih banyak untuk mencoba kembali setiap kali menemukan kegagalan. Jadi, menurutmu kapan lagi waktu yang lebih tepat untuk mulai terjun ke dunia bisnis dan belajar meraih kesuksesan dari bisnis sendiri jika bukan sekarang? Apa harus menunggu tua dan menyesali keputusan?

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments