Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Hutang Buat Pesta Pernikahan

Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Hutang Buat Pesta Pernikahan

Mungkin sekarang kamu mulai bosen dengan pertanyaan “kapan nikah?”, wajar sih kalau kamu di serbu pertanyaan kayak gitu, apalagi kamu sudah siap fisik, financial, mental bahkan spiritual. Apalagi yang kamu tunggu? Lebih-lebih kamu udah punya gelar, kerja mapan udah, liat tuh pasanganmu yang udah mulai bosen nunggu kamu lamar. Kadang kalau kamu di hujani pertanyaan seperti itu, pasti kamu jawab “iya nikah, tapi biayanya ga dikit”. Hey.... nikah itu bukan perkara pesta yang harus kamu gelar 7 hari 7 malam kan?

Kamu pasti juga sering dengar dari mereka-mereka yang duluan nikah, setelah pesta hura-hura, keesokan harinya mereka pusing dibebani hutang buat biaya pernikahan. Sebenarnya bukannya lebih baik kita nikah tanpa hutang? Bukannya nggak boleh nikah dengan cara yang mewah, boleh sih.. tapi nggak usah di paksain juga. Sekarang harga-harga udah makin meroket, apa kamu pengin, uang mu dan pasangan habis buat makan-makan dalam hitungan jam?

Jangan pertaruhan masa depan demi pesta semalam

Sah-sah aja sih, kalau kamu ingin pesta yang sangat meriah, tapi bukannya kalau hutang sana-sini bakal memperberat hutang di masa depanmu? Masa iya sih pengantin baru pusing cicilan utang, nggak jadi bulan madu dong. Bukannya semua agama ngajarin, nikah itu lebih baik secukupnya dan semampunya? Menikah emang bakalan jadi sekali seumur hidup, jadi kamu harus fikirin matang-matang biaya setelah pernikahan itu. Kalau hutangnya buat kebutuhan rumah tanggamu seperti beli kendaraan, beli tv, mesin cuci, kulkas, sah-sah aja.

Baca juga: Tempat Nikah di Bali dengan Konsep Outdoor


Menikah tanpa hutang, kamu bisa nabung

saat udah nikah, kamu pasti bakalan mikirin anak kan? Gimana masa depan anakmu nanti, setelah menikah, istrimu bakal hamil, otomatis biaya semakin naik, buat vitamin ibu hamil, susu, buat persalinan, belum lagi kalau anakmu lahir. Kebayang nggak, kalau kamu udah punya anak, tapi utangmu belum lunas. Wah, bisa mendadak tua nanti. Beda kalau kamu nikah tanpa hutang. Kamu bisa siapin semua kebutuhan buat anak, nabung buat masa depan anak. Ngebayangin aja bikin seneng kan?

Honeymoon bareng pasangan

Honeymoon ini bakal kesampaian kalau kamu nggak punya hutang setelah pernikahan. Kamu tinggal pilih, pengen ngabisin malem pertama di mana? Bali, Jogja, Bandung. Bayangin deh, kamu ngabisin waktu bareng pasangan. Banyak banget ilmu yang kalian bisa dapetin, pengalaman juga, yang pasti kamu bakal ngukir cerita yang beda banget dari sini. Karakter pasangan, bisa kamu ketahui dengan detail.

Terjamin keharmonisan

Sudah bukan rahasia kalau masalah ekonomi itu bisa jadi pertengkaran dalam rumah tangga. Termasuk hutang ini nih, bisa jadi kamu stress pasangan juga stress, tagihan waktu gajian juga bakal terus kamu pikirin, hubungan jadi nggak harmonis. Masa iya sih, penganten baru hubungannya nggak harmonis. Beda lagi kalau kamu nggak ngutang. Rumah tangga nggak bakal ruwet. Setiap bulan kamu nggak perlu bingung mikirin utang, gaji bisa di terima full. Kamu sama pasangan juga bisa tidur nyenyak, tanpa was-was di kejar penagih hutang. Gimana? Asik kan

Kalian boleh kok nikah dengan cara yang mewah, asalkan kalian sudah mantap sejak awal, “jangan ada hutang di pesta kita” itu justru lebih baik daripada “dimana kita mau cari hutang”. Jadi buat anak muda gaul, nikah bukan perkara pesta, tapi kehidupan setelah kita ngelewatin pesta tersebut.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments