Terima Kasih Telah Menjaga Ibadah Mereka yang Berpuasa

Terima Kasih Telah Menjaga Ibadah Mereka yang Berpuasa

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya sendiri memeluk agama Islam, sehingga disaat bulan ramadhan seperti sekarang ini pasti akan sangat ramai dengan gema takbir dan juga lantunan ayat-ayat suci al-quran pada saat malam hari. Namun juga tak bisa dipungkiri meskipun sebagian banyak penduduknya adalah muslim masih ada beberapa diantaranya yang non muslim, sehingga tak jarang meskipun di siang hari semua akan menahan lapar dan haus karena berpuasa maka ada sebagian diantaranya yang justru akan tetap makan baik itu di pinggir-pinggir jalan atau yang ada di dalam rumah.

Lalu sebenarnya bagaimana dengan orang-orang muslim yang sebenarnya mampu namun tak melaksanakan ibadah puasa tersebut, hal-hal semacam ini tentunya sering kali menjadi pertanyaan bagi kita. Mengingat mereka akan dengan sengaja makan di pinggir jalan atau juga merokok di tempat umum, sebenarnya tak masalah memang ingin melakukan hal tersebut tok itu hak mereka sendiri, hanya saja sudah sepantasnya untuk menjaga dan tidak mengganggu yang sedang berpuasa. Cukup melakukannya untuk diri mereka sendiri dan tak mengajak yang sedang berpuasa.

Lalu sebenarnya siapa saja sih yang boleh nggak puasa:

1. Anak-anak, usia anak-anak apalagi yang belum akil baligh menjadi saat dimana mereka membutuhkan asupan nutrisi yang banyak, selain itu tubuh juga belum kuat untuk menahan lapar, meskipun kuat belum tentu dengan hal-hal lainnya seperti hawa nafsu sehingga mereka masih diperbolehkan untuk tidak melakukan ibadah puasa.

2. Orang lanjut usia, manula merupakan usia yang memang sudah sangat renta terhadap berbagai macam penyakit, selain itu daya tahan tubuh mereka sudah mulai lemah, tak hanya itu untuk daya ingin sendiri juga kian menurun sehingga ada beberapa yang memang boleh tidak melakukan ibadah puasa.

3. Orang sakit, bayangkan ketika anda dalam kondisi tubuh yang tak sehat dan berjuang untuk menahan lapar dan juga hawa nafsu tentunya tak akan kuat bukan, namun sakit disini juga tak sembarangan penyakit, penyakit kulit misalnya tentunya masih dianjurkan untuk berpuasa. Penyakit yang tak boleh berpuasa adalah jenis penyakit yang membuatnya akan semakin parah jika dipaksakan untuk tidak makan.

4. Musafir, memang sulit untuk menemukan orang yang sedang dalam perjalanan jauh saat ini, mengingat sudah banyak kendaraan yang bisa dijadikan sebagai sarana dalam melakukan perjalanan tersebut, apalagi untuk rute juga bisa lebih cepat, sehingga untuk era modern seperti sekarang nii sejauh apapun perjalanan anda jika dilakukan dengan menggunakan kendaraan maka masih bisa melaksanakan ibadah puasa.

5. Ibu hamil dan juga menyusui yang memang tak kuat menunaikan ibadah puasa, islam memang bukan agama yang memaksa, bagi anda ibu hamil tua atau juga yang masih sedang dalam kondisi menyusui terkadang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap sehat, jika memang tak kuat berpuasa maka tidak dianjurkan untuk berpuasa.

6. Mereka yang sedang menstruasi dan juga dalam keadaan nifas, bagi wanita tentunya ada masa-masa tiap bulannya dalam keadaan menstruasi maka malah akan haram hukumnya jika tetap melakukan puasa, begitu juga dengan mereka yang dalam keadaan nifas atau kondisi setelah melahirkan.

Mereka yang tak melakukan ibadah puasa, namun memiliki tanggungan tentunya harus tetap diselesaikan, biasanya adalah dengan cara membayar hutang atau mengganti puasanya, cara lainnya juga dengan membayar fidyah dalam jumlah yang telah ditentukan.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments