Tips yang Akan Menjadikan Kamu Mahasiswa Masa Kini yang Pandai Bersyukur

Tips yang Akan Menjadikan Kamu Mahasiswa Masa Kini yang Pandai Bersyukur

Menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang diidamkan, baik negeri maupun swasta, tentunya menjadi sebuah nikmat tersendiri. Menempuh pendidikan di jenjang universitas memang membuka jalan untuk bisa meraih pendidikan yang lebih tinggi. Lewat pendidikan yang lebih tinggi ini pula memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Sehingga bisa memiliki jalan hidup yang tentunya lebih baik pula, terlebih ketika masuk ke perguruan tinggi yang bergengsi.

Menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi favorit memang membuka jalan lebih lebar untuk nantinya bisa mendapatkan pekerjaan impian. Namun, sebelum sampai ke tahapan tersebut kita perlu memahami bahwa proses untuk lulus terbilang panjang dan melelahkan. Apabila tidak disikapi dengan bijak maka gelar pendidikan yang disandang hanya berupa gelar tanpa ada ilmu yang membekas. Tidak ingin menjadi sosok yang seperti itu bukan? Maka perlu tahu kiat tepat untuk bisa belajar maksimal guna mendapatkan ilmu yang dipahami dan diamalkan di masa mendatang.

Bagaimana sih belajar yang enak itu?

Belajar yang enak dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan faktor ini sebaiknya disiapkan sebelum masa-masa masuk ke universitas pilihan. Faktor tersebut meliputi hal berikut:

1. Memilih bidang ilmu yang memang disukai

Masa depan seseorang itu tidak hanya ditentukan bidang ilmu tertentu saja namun semua lulusan memiliki kesempatan yang sama. Jurusan yang bergengsi namun tidak sesuai dengan minat maupun bakat kamu hasilnya akan nihil. Kalaupun ada ilmu yang masuk itu pun tidak bisa dinikmati dengan maksimal sehingga ke depannya seolah memiliki jalan hidup orang lain. Kenali bakat kamu di bidang apa lalu pilih jurusan yang sesuai dengan keinginan tersebut. Alhasil proses belajar kamu seolah bukan belajar namun bermain sehingga lebih menyenangkan dan menikmati.

2. Mengingat usaha keras orangtua di rumah

Salah satu cara agar kamu bisa belajar lebih maksimal dan enak juga tidak terlepas dari faktor ini, yakni mengingat harapan orangtua di rumah. Kamu bisa kuliah di universitas pilihan, di jurusan sesuai keinginan, bisa makan dan kost dengan mudah. Tentunya tidak lepas dari usaha orangtua di rumah untuk mencari biaya demi memenuhi kebutuhan kamu selama menempuh pendidikan. Mengingat usaha keras orangtua bisa menghindarkan kamu untuk menyia-nyiakan waktu belajar. Kan tidak mungkin kamu senang-senang tidak belajar sementara orang di rumah memberikan harapan besar kamu menjadi mahasiswa yang baik dan bertanggung jawab.

Mahasiswa zaman sekarang beda jauh dengan mahasiswa zaman orangtua kita dulu, baik dari segi kualitas pendidikan hingga fasilitas yang menunjang. Kita yang hidup di era digital ini dimudahkan dengan banyak kecanggihan teknologi. Kalau tidak dimanfaatkan dengan benar maka teknologi yang ada justru menjadi pemicu robohnya kualitas pendidikan kamu. Kemudian kualitas hidup kamu ke depan pun tidak jauh beda semrawutnya. Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi kan? Kamu pastinya juga tidak mau menjadi beban orangtua seumur hidup kan?

Caranya mudah banget, kamu sebaiknya mengusahakan untuk belajar dengan tekun jangan mau jadi mahasiswa biasa saja. Kamu harus bisa menjadi mahasiswa luar biasa, prestasi yang baik akan membukakan jalan kamu untuk menentukan masa depan. Jadi bukannya keadaan yang menuntun kamu menikmati masa depan yang seolah sudah ditakdirkan. Kalau diberikan fasilitas laptop oleh orangtua malu sama laptopnya kalau tidak dipakai. Selesaikan tugas-tugas kuliah tepat waktu sehingga nilai kamu bisa terdongkrak. Fasilitas sudah lengkap, kalaupun tidak punya sendiri bisa meminjam atau menyewa, masih kurang bersyukur?

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments