6 Pergumulan Batin Ini Sering Ditunjukkan oleh Pribadi Introvert

6 Pergumulan Batin Ini Sering Ditunjukkan oleh Pribadi Introvert

Menjadi seorang yang pendiam atau introvert memang saat tengah berada di perjalanan seorang diri akan terkesan menjadi sosok yang memiliki dunianya sendiri. Type orang yang demikian memang akan terlihat cukup dingin dan tidak pernah ambil pusing dengan lingkungan sekitar. Namun sejatinya setiap manusia memiliki fitrah yang sama yakni ingin bisa berinteraksi dengan baik dan dengan siapa saja. Hanya saja orang yang cenderung introvert kurang paham bagaimana menciptakan situasi yang demikian.

Berikut adalah beberapa perilaku yang sering dilakukan oleh seorang yang introvert untuk bisa merasa nyaman ketika tengah pergi seorang diri:

1. Mendengarkan musik lewat earphone

Orang yang memiliki sifat introvert akan merasa canggung untuk berkomunikasi dengan orang yang baru dikenalnya. Alhasil ketika dalam perjalanan ia akan lebih memilih mendengarkan musik lewat earphone sehingga tidak diganggu orang ataupun mengganggu privasi orang lain. Meskipun tindakan ini sering diambil, sejatinya mereka memiliki keinginan untuk bisa bertegur sapa dengan penumpang yang lain.

2. Memilih menjadi pendiam

Apabila orang introvert kebetulan bertemu dengan orang yang cenderung ceria dan mudah menyesuaikan diri. Maka ketika diajak untuk mengobrol mulai dari hal penting ke hal-hal yang tidak begitu penting muncul rasa canggung. Pemilihan topik untuk dibahas menjadi terbatas dan kemudian komunikasi yang terjalin akan seperti benang kusut. Alhasil orang introvert akan memilih diam saja dan mengabaikan apa yang disampaikan orang di sebelahnya.

3. Menjadi gelisah saat berada di kendaraan yang sesak

Bepergian menggunakan transportasi umum memang akan sering bertemu dengan kondisi ruang transportasi yang penuh sesak oleh penumpang yang berjubel. Kondisi demikian merupakan situasi yang tidak disukai oleh orang introvert. Jarak antar penumpang yang terbatas dan sangat dekat menimbulkan perasaan gugup baginya. Sehingga akan nampak terlihat muncul perilaku gugup dan gelisah selama berada di dalam kendaraan umum.

4. Apabila perlu menginap mencari kamar yang privat

Orang yang introvert akan lebih merasa nyaman ketika berada di lingkungan yang tenang dan sunyi tidak heran hal ini juga mempengaruhi selera tempat menginapnya. Orang dengan type satu ini akan lebih memilih kamar hotel yang tergolong sunyi atau privat. Membayar lebih mahal pun bukan lagi persoalan besar yang perlu dipertimbangkan. Kemudian juga akan memiliki kecenderungan memilih hotel yang berada di lokasi yang tidak terlalu ramai.

5. Ketika tersesat akan memecahkannya sendiri

Orang introvert terkadang enggan untuk berinteraksi dengan orang lain bahkan untuk masalah yang sekiranya cukup penting dan sukar diselesaikan sendiri. Ketika bepergian maka orang dengan sifat ini akan memilih berbekal peta dan membacanya dengan seksama ketimbang bertanya ke orang lain. Ketika tersesat pun orang type ini akan mencari solusinya dengan pemikiran sendiri, dengan sifat inilah orang dengan type introvert terlihat kuat dan mandiri.

6. Sulit menjadi sosok yang supel dengan orang daerah baru yang dikunjungi

Kebanyakan orang yang introvert sebenarnya memiliki keinginan untuk bisa bertegur sapa dengan masyarakat di lokasi tujuan. Sayangnya minimnya pengalaman untuk menjalin komunikasi yang baik menjadi penghalang untuk menunjukkan sifat supel. Alhasil orang introvert di lingkungan baru termasuk lokasi wisata, akan cenderung lebih banyak diam dan tidak banyak bicara.

Orang yang cenderung memiliki sifat introvert memang akan lebih memilih bersikap diam dan dingin agar tidak mudah merasa gugup atau canggung. Ketika Anda bepergian dan menjumpai orang yang demikian tidak ada salahnya mengajak mengobrol duluan. Sebab mereka pun sebenarnya ingin berbagi cerita dan bercengkerama.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments