8 Cara Manfaatin Kotak Sepatu Biar Berguna Lagi

8 Cara Manfaatin Kotak Sepatu Biar Berguna Lagi

Selama ini kamu pasti sering beli sepatu baru. Apalagi jika kamu penggemar fashion yang hobinya gonta-ganti. Sering beli sepatu berarti kamu juga punya banyak kotak sepatu yang menumpuk di gudang. Dibuang rasanya sayang, apalagi kotak sepatu banyak yang bagus dan kartonnya kuat. Tapi kalau ditumpuk terus juga bingung mau dibuat apa.

Nah, kalau kamu bingung, kenapa tidak recycle saja untuk bisa bermanfaat lagi? Hemat, praktis, dan kamu pun juga go green. Mau tahu kotak sepatu ini bisa jadi apa saja? Lihat daftar di bawah ini!

1. Tempat tisu

Cara recycle paling mudah adalah menjadikannya kotak tisu. Kamu perlu gunting, lem, pensil, dan penggaris, ditambah hiasan untuk kotaknya. Caranya:

- Buat lubang di tengah-tengah tutup kardus sepatu, ukur dengan penggaris supaya simetris.
- Tutup kardus dilapisi kertas kado supaya rapi.
- Hias badan kardus sesuai dengan kreasimu.

Tempat tisu siap dipakai. Mudah dan murah.

2. Bungkus kado

Cara lain untuk “menyingkirkan” kotak sepatu yang menumpuk adalah dengan memanfaatkannya sebagai box tempat kado. Jadi kamu tidak perlu pusing mencari kotak kado yang pas, cukup lapisi ulang kardus dengan kertas kado atau hiasan yang lucu-lucu, masukan hadiahmu, tambahkan pita, dan berikan ke temanmu yang berulang tahun.

3. Hiasan dinding/wall shelves

Kamu punya kotak-kotak sepatu yang kuat dan kartonnya tebal? Kamu bisa memanfaatkannya untuk memperindah dinding rumahmu yang kosong. Warnai kotak-kotak sepatu, lalu paku ke dinding. Kotak-kotak ini bisa digunakan sebagai wadah barang-barang ringan seperti pot bunga mini atau pernak-pernik kecil.

4. Kotak tempat pensil dan bulpen

Kalau kamu punya banyak pensil dan bolpen yang berserakan, rapikan dengan memasukkannya ke dalam kotak sepatu. Dibantu dengan beberapa gulungan bekas tisu, kamu bisa menjadikan kotak ini sebagai tempat stationery yang rapi.

5. Tempat menggantung perhiasan/kunci

Bekas tutup kotak sepatu yang tidak terpakai juga bisa dijadikan tempat menggantung perhiasan seperti kalung atau kunci. Lapisi saja dengan kertas hias, lalu tempelkan di dinding ditambah beberapa kait/paku. Gantungkan kalung, gelang, dan kuncimu di sana.

6. Charging station

Melihat charger dan kabel yang bertebaran membuat kamar dan meja jadi tidak enak dilihat. Kamu bisa menyembunyikannya dengan:

- Lapisi kotak dengan kertas kado.
- Buat beberapa lubang di satu sisi kotak dengan gunting.
- Pasang eyelet (bisa kamu beli di toko pertukangan) di tiap lubang.
- Masukkan stop kontak dan charger di dalam kardus, keluarkan kabel masing-masing lewat lubang yang tersedia.

Mejamu akan lebih rapi dan enak dipandang.

7. Kanvas

Ya, siapa bilang mau melukis itu wajib memakai kanvas? Kamu bisa memanfaatkan tutup kotak sepatu sebagai media berkreasi. Jangan lupa letakkan kreasimu di dinding, sambil diatur agar terlihat artistik.

8. Tempat cincin

Kotak sepatu juga bisa disulap menjadi tempat cincin yang aman. Kamu bisa melakukannya dengan menghias kotak sepatu dengan kertas yang cantik, lalu meletakkan kain perca atau handuk yang sudah tak terpakai di dalamnya. Atur dengan posisi meliuk sehingga cincin bisa diselipkan di sela-selanya.

Itulah 8 cara untuk memanfaatkan kotak sepatu bekas yang menumpuk banyak di rumahmu. Mudah bukan? Daripada tergolek tidak terpakai begitu saja, lebih baik kamu manfaatkan lagi untuk keperluan seperti di atas. Tidak hanya 8 cara di atas saja, lho. Kotak sepatu bisa dipakai untuk tempat alas laptop, untuk wadah tempat piknik, untuk wadah serba guna, dll.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments