8 Cara Tepat Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

8 Cara Tepat Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Jika saat ini anda ingin memasuki bangku kuliah, maka tentunya sebelum mendaftarkan diri di salah satu perguruan tinggi anda sudah memikirkan matang-matang jurusan apa yang ingin anda ambil. Karena saat ini kebanyakan orang mengambil jurusan tanpa memperhitungkan berbagai hal yang seharusnya diutamakan. Pasalnya kesalahan dalam mengambil jurusan juga berakibat cukup fatal bagi masa depan anda sendiri.

Dari berbagai informasi yang dibutuhkan

Ada baiknya jika anda mencari informasi yang benar-benar akurat mengenai jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi tujuan anda. Perhatikan dengan baik berbagai informasi dari jurusan yang anda incar. Mulai dari biaya, mata kuliah yang dibebankan, kualitas dan mutu, predikat kuliah, komunitas kampus, dosen, kualitas para alumni, prospek lulusan dan masih banyak lagi.

Tanyakan hal yang terbaik bagi diri anda

Tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang terbaik bagi anda? Karena memang hanya anda sendirilah yang paling mengerti mengenai hal terbaik bagi diri anda. Anda tentu akan merasa lebih baik jika anda sudah yakin dan mantap dengan pilihan anda. Sehingga kedepannya anda juga dapat menyusun satu persatu rencana yang akan anda laksanakan selama duduk di bangku kuliah dengan lebih baik.

Menyadari pilihan jurusan

Mampu menyadari jika jurusan yang anda pilih hanya sebagai salah satu anak tangga di awal proses pencapaian karir, menuntut anda untuk membuka mata dan melihat kenyataannya. Karena jurusan yang anda pilih tidak akan menjamin kesuksesan masa depan. Jangan anda kira dengan memilih satu jurusan populer akan membuat hidup anda pasti sukses seperti yang sudah diiklankan.

Baca juga: Daftar Alamat Universitas di Jakarta


Sesuaikan dengan minat dan kemampuan

Minat memang menjadi salah satu faktor penting ketika anda memilih suatu jurusan. Jurusan yang anda pilih juga lebih baik sesuai dengan kemampuan. Tidak mungkin anda akan nyaman menekuni jurusan yang bahkan sama sekali tidak anda sukai selama empat tahun. Tentunya akan menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan, tetapi berbeda halnya jika anda sendiri memilih jurusan yang sesuai dengan minat. Kuliah akan terasa menyenangkan serta nyaris tidak ada beban. Seperti yang anda ketahui bahwa duduk di bangku kuliah akan sangat menyita tenaga, waktu sekaligus fikiran.

Apa cita-cita anda?

Tentu saja sangat tidak masuk akal jika anda bercita-cita sebagai dokter namun justru mengambil jurusan bidang arsitektur. Karena tentunya tidak akan sampai pada apa yang anda cita-citakan. Anda juga sebaiknya mempelajari studi yang memiliki beberapa proses. Misalnya saja ketika anda bercita-cita untuk menjadi dokter bedah, ada baiknya jika anda terlebih dahulu menjalani kuliah kedokteran umum.

Temukan motivasi anda

Coba tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang memotivasi anda memilih jurusan tersebut? Apakah murni pilihan anda sesuai bakat, minat dan personal values? Perlu anda pertimbangkan kembali jika pada kenyataannya itu merupakan sebuah keterpaksaan. Karena bagaimanapun akan sulit rasanya menumbuhkan motivasi pada sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan banyak yang gagal karena jurusan yang dipilih tidak sesuai keinginan.

Siapkan beberapa alternatif

Pemilihan alternatif studi juga harus diupayakan yang masih satu jalur dengan kemampuan dan juga minat anda. Bukan sekedar melihat kemungkinan besar untuk diterima padahal pilihan alternatif itu tidak sesuai dengan minat. Alternatif ini sendiri merupakan tindakan antisipasi ketika mungkin anda mengalami kegagalan tes dan tidak berhasil memasuki jurusan pilihan pertama atau pilihan utama.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments