9 Cara Mudah Temukan Sahabat Sejatimu

9 Cara Mudah Temukan Sahabat Sejatimu

Dalam sebuah lirik lagu dikatakan bahwa persahabatan bagai kepompong, dalam artian sahabat adalah seseorang yang harusnya selalu ada baik dikala senang maupun sedih hingga nantinya akan menjadi kupu-kupu dan terbang bersama. Dalam lingkungan selain keluarga ada satu lagi yang turut mempengaruhi pembentukan jati diri seseorang, diantaranya adalah lingkungan pergaulan, bagi beberapa orang mungkin tak sulit untuk mendapatkan sahabat sejati karena mereka cenderung terbuka dan menerima apa adanya, tetapi bagi mereka yang tertutup tentunya sangat sulit untuk bergaul, apalagi mendapatkan sahabat yang sebenar-benarnya.

Dalam artian adalah teman yang bisa membawa anda kepada sesuatu yang baik, bukan malah menjerumuskan pada hal-hal negatif. Banyak sekali kasus dimana ada seorang anak yang berasal dari keluarga baik-baik namun karena lingkungan pergaulan yang tak baik membuatnya harus tenggelam dalam dunia malam dan berbagai bentuk kenakalan remaja yang lainnya. jika sudah seperti ini maka siapa yang turut disalahkan, apakah orang tua atau diri sendiri yang memang sudah salah dalam memilih teman, agar tak salah berikut ini beberapa kiat mencari teman yang tepat untuk anda, yaitu:

1. Pilihlah teman yang banyak memberi nasihat, coba pikir ada berapa banyak teman-teman dekat anda yang justru sering memberikan masukan baik dibandingkan dengan yang mengajak pada hal-hal buruk, berlaku boros misalnya. Nasihat sendiri bentuknya memang tak secara langsung, kebanyakan justru menyampaikannya lewat kritik agar anda juga bisa sadar diri, jika dia adalah sahabat yang semacam ini itu tandanya bahwa dia adalah orang yang baik.

2. Harus mampu diajak bekerjasama, jenis kerjasamanya sendiri juga bukan yang berbau negatif melainkan kerjasama dalam hal yang positif, belajar bersama, dengan semangat yang diberikan maka akan membawa pengaruh yang baik juga bagi diri anda sendiri, masalah-masalah yang ada bisa dengan mudah selesai dengan bantuannya.

3. Menerima apa adanya, tak hanya pacar saja yang harus berlaku demikian, namun juga sahabat, sahabat yang baik adalah mereka yang dapat menerima kekuranganmu, bukan hanya kelebihan, begitu juga dengan diri anda sendiri yang harus mau menerima kekurangannya.

4. Tidak membicarakan aib temannya kepada orang lain, pernah mendengar istilah serigala berbulu domba, maka ini ungkapan yang sangat tepat untuk jenis teman yang berlaku baik pada anda, namun membicarakan keburukanmu di belakang atau pada orang lainnya, mungkin tak bisa dikenali secara langsung namun anda bisa melihat dari tabiatnya.

5. Setia, setia adalah dengan menjaga segala macam kepercayaan yang anda limpahkan misalnya adalah rahasia yang hanya anda dan dia yang tau, bukan malah memanfaatkan kesetiaan anda.

6. Saling tolong menolong, baik itu di kala susah maupun senang rasa tolong menolong harus ada, namun jangan jadikan sifatnya yang satu ini untuk memanfaatkan dirinya.

7. Berbicara dengan baik bukan kasar, untuk sifat kasar sendiri memang ada beberapa orang yang bawaan dari lahir, namun bukan berarti disengaja karena anda juga akan mengenalnya lebih dalam saat menjadi sahabatnya.

8. Jujur, seintrovert apapun sahabat anda jika sudah nyaman dengan orang lain maka akan jujur dengan sahabatnya, untuk melihat kejujuran memang tak mudah melainkan anda juga harus lebih mengenal sedalam mungkin.

9. Memiliki latar belakang keluarga yang baik, mengingat beberapa anak broken home memang diidentikkan dengan sesuatu yang buruk, namun hal tersebut juga bukan patokan bahwa mereka yang berasal dari keluarga broken home adalah anak yang nakal.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments