Menikmati Kemudahan Pembuatan Pasport Secara Online

Menikmati Kemudahan Pembuatan Pasport Secara Online

Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai cara membuat passport yang mudah dan praktis maka bisa memilih media online. Sekarang untuk memenuhi kebutuhan pembuatan passport bisa dilakukan lewat media online. Hal ini tentunya menjadi sebuah kabar gembira bagi siapa saja yang memerlukan passport dalam waktu dekat. Minimnya waktu ataupun tenaga kini bisa diminimalisir dengan pembuatan passport via online.

Keuntungan pembuatan passport online

Ada sedikit perbedaan antara pembuatan pasport online dengan manual, meski sedikit namun memberikan keuntungan besar. Perbedaan ini terletak pada berapa kali perlu datang ke kantor imigrasi untuk mengurus pasport. Ketika menggunakan cara manual, Anda perlu datang setidaknya tiga kali ke kantor imigrasi terdekat. Pertama untuk mengisi formulir, kedua untuk keperluan pengambilan foto sekaligus wawancara. Kedatangan ketiga untuk pengambilan pasport yang sudah jadi dan bisa digunakan.

Hal berbeda akan terjadi jika pembuatan pasport dilakukan via online, yang membuat Anda hanya datang ke kantor imigrasi sebanyak dua kali. Pembuatan pasport online menjadikan keperluan pengisian formulir berisi data-data pribadi. Bisa dilakukan secara online sehingga tidak harus datang ke kantor imigrasi untuk mengisi manual. Anda hanya datang untuk foto, wawancara, dan terakhir untuk keperluan pengambilan pasport.

Kemudahan membuat pasport via online

Jika sudah mengetahui keuntungan pembuatan pasport secara online yang menurut Anda lebih mudah dan praktis. Maka langkah selanjutnya ialah mengetahui langkah-langkah pembuatannya, berikut ulasannya:

1. Mengajukan aplikasi permohonan

Langkah pertama ialah mengajukan aplikasi permohonan pembuatan pasport yang bisa dilakukan di website resmi kantor imigrasi. Anda bisa mengunjungi www.imigrasi.go.id kemudian menuju ke sub menu Beranda ke “Layanan publik” kemudian pilih “Pasport biasa”. Ketahui semua persyaratan yang diperlukan, kemudian kembali ke Beranda dan mencari pilihan menu “Service online”, kemudian berlanjut ke menu “Layanan Pasport Online”.

2. Pengisian data yang sesuai

Usai memilih menu “Layanan pasport online” maka Anda akan menjumpai sebuah halaman yang mewajibkan mengisi data-data pribadi. Isi data dengan baik dan benar, jangan lupa untuk mengisi kolom alamat email sebab akan ada konfirmasi via email. Ketika isi data sudah lengkap maka pilih kata “Lanjut” untuk bisa ke tahap selanjutnya. Pastikan kembali isi data yang diberikan sudah akurat agar pasport bisa digunakan sebagaimana mestinya.

3. Tahap pembayaran

Saat selesai mengklik kata “Lanjut” maka Anda akan menjumpai sebuah halaman yang mencantumkan biaya pembuatan pasport. Sebelum berlanjut ke tahap ini sangat disarankan untuk mengecek apakah isi data yang diberikan sudah sesuai. Halaman ini juga berisi informasi mengenai nama bank yang melayani pembayaran tersebut. Kemudian juga pemberitahuan jadwal kunjungan ke kantor imigrasi untuk ke tahapan selanjutnya.

4. Pembayaran di bank

Setelah proses di atas selesai, maka segera lakukan pengecekan di email sebab dari pihak kantor imigrasi akan mengirimkan formulir pembayaran biaya pasport. Unduh file yang berisi formulir pembayaran dan segera lakukan pembayaran sesuai bank yang ditunjuk kantor imigrasi. Usai melakukan pembayaran segera lakukan konfirmasi pembayaran via email.

Usai melakukan konfirmasi kemudian Anda akan menerima tanda terima permohonan pembuatan pasport. Cetak file tersebut untuk dibawa ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang sudah diberitahukan melalui website pada saat pengisian formulir. Pahami dan baca isi file terakhir dan jangan lupa menambahkan meterai Rp 6.000 untuk keabsahan tanda terima permohonan tersebut. Semoga bermanfaat!

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments