Langkah Cerdas untuk Menjadi Sukses dan Kaya Bagi Karyawan

Langkah Cerdas untuk Menjadi Sukses dan Kaya Bagi Karyawan

Siapa tak ingin menjadi kaya? Semua orang tentu bermimpi untuk menjadi kaya. Bahkan bagi Anda umat Muslim mungkin pernah mendengar bahwa Sang Maha Pencipta pun menyuruh kita untuk menjadi kaya. Namun tentu tidak sekedar menjadi orang berpunya, karena yang lebih penting adalah bagaimana tanggung jawab kita atas kekayaan yang kita miliki ini. Maka, tak heran jika dalam semua ajaran agama kita dilarang untuk menjadi orang yang kikir dan pelit. Kekayaan diharapkan menjadikan kita orang yang berhati lapang untuk berbagi dengan sesama.

Karena tanggung jawabnya yang tidak sedikit, maka menjadi kaya juga penuh dengan perjuangan. Maka jika Anda ingin menjadi kaya, siapkan diri Anda untuk berjuang sekarang juga. Dimana perjuangan bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti berikut ini:

- Mulailah membatasi pengeluaran Anda, dimana pepatah besar pasak daripada tiang haruslah menjadi pengingatnya. Artinya, jangan sampai Anda memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada penghasilan agar tidak perlu berhutang di kemudian hari.

- Jangan berhutang jika tujuannya untuk keperluan konsumtif, untuk barang-barang keperluan pribadi misalnya. Jika memang berhutang, gunakan untuk tujuan investasi.

- Selalu sisihkan dana Anda untuk melakukan investasi, mulai dari jumlah yang kecil dan lama-lama semakin besar.

- Jangan lupakan untuk berbagi kepada sesama.

Baca juga: Sukses Tak Bisa Hanya dengan Semalam, Mulailah Dari 7 Kiat Ini Sedini Mungkin


Melihat cara terakhir tentu Anda berpikir, bagaimana mungkin? Tap itulah faktanya. Tidak heran banyak pengusaha sukses dunia yang menjadi filantropis atau orang yang suka beramal bukan? Sebut saja Warren Buffet, Mark Zukcerberg, Almarhum Steve Jobs, Bill Gates dan masih banyak lagi. Secara psikologis, dengan banyak memberi kita akan merasa lebih bahagia dan berusaha untuk terus memberi. Untuk itu kita akan berusaha mendapatkan lebih banyak, sehingga kita dapat memberi lebih banyak namun di sisi lain kita tidak kekurangan.

Untuk mengaplikasikan berbagai cara diatas, tentu tidak mudah. Misalnya karena memang penghasilan terbatas dan keluarga yang harus kita tanggung banyak. Atau mungkin Anda ingin memperbesar jumlah investasi yang dilakukan tapi dana terbatas. Maka mau tidak mau memang Anda harus berpikir untuk menambah penghasilan. Cara paling efektif tentu adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Hal ini perlu dilakukan baik bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap ataupun yang belum.

Beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan bagi Anda yang sudah bekerja antara lain adalah:

1. Menjadi event planner sekaligus organizer yang juga memiliki cakupan pekerjaan sebagai konsultan acara,
2. Jadilah pengajar tambahan atau les di bidang yang Anda kuasai secara ahli,
3. Menjadi penata rias freelance atau hanya saat waktu senggang,
4. Pembuat kue khususnya kue-kue kering saat moment tertentu seperti lebaran, natal dan acara lainnya,
5. Menjadi admin sebuah akun di media sosial yang biasanya dipergunakan oleh merk tertentu untuk mengkampanyekan produknya,
6. Menjadi pembuat web ataupun program berbasis komputer lainnya,
7. Menjadi fotografer atau pemain musik freelance,
8. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, cobalah untuk menjadi penerjemah yang lowongannya banyak dipasang di internet.

Namun demikian, Anda juga harus ingat. Terkadang penghasilan dari pekerjaan sampingan diatas nilainya juga tidak seberapa. Meskipun ada juga yang lebih besar dibandingkan hasil dari pekerjaan tetap yang kita miliki. Tetapi kembali lagi harus diingat, jangan lupakan pekerjaan utama Anda. Atur waktunya sebaik mungkin, sehingga dua-duanya berjalan beriringan dengan baik. Kunci utamanya adalah ketekunan dan kedisiplinan, sehingga jika semuanya berjalan dengan baik dan teratur. Dapat dipastikan penghasilan Anda semakin bertambah dan Anda akan cepat kaya.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments