Mitos dan Cerita Unik Tentang Anak Kembar

Mitos dan Cerita Unik Tentang Anak Kembar

Anak kembar selama ini memang selalu menjadi fenomena yang menarik. Karena relatif jarang terjadi, hanya ada kemungkinan 1-3% seorang ibu punya anak kembar, maka tidak heran jika sejak zaman dahulu ada banyak sekali mitos yang beredar tentang anak kembar ini. Sekilas kelihatannya wajar, ya, kenapa banyak sekali orang yang menganggap anak kembar itu punya mistisnya sendiri. Melihat dua manusia yang persis sama memang memunculkan perasaan yang aneh.

Ada banyak sekali mitos yang beredar tentang anak kembar, baik itu mitos yang sampai sekarang masih sering diyakini orang-orang (dan mungkin juga kamu?), atau yang sudah lama dipatahkan. Kepercayaan ini juga berbeda-beda, tergantung daerah dan jenis kembar tersebut. Seperti yang kamu tahu, dua anak yang terlahir kembar bisa saja identik atau satu laki-laki dan satu perempuan. Bahkan mungkin juga kembar siam, atau lebih dari dua.

Ini dia beberapa mitos tentang anak kembar, beberapa bahkan mungkin belum kamu ketahui:

Baca juga: Nama yang Dilarang Dalam Islam, No 3 dan 6 Paling Banyak di Gunakan


1. Kakak adik

Selama ini, banyak orang mengatakan bahwa anak kembar yang lahir duluan itu adalah sang adik, sebab kakak membantu adiknya keluar lebih dahulu. Tapi secara kedokteran, yang lahir duluan itulah sang kakak.

2. Tidak boleh di kelas sama

Anggapannya, jika dimasukkan di kelas yang sama, mereka jadi terlalu bergantung. Sementara menurut psikologi, kembar yang dekat justru lebih sehat secara mental.

3. Sakit bersamaan

Dikatakan bahwa jika satu sakit, maka kembarannya juga akan merasakan atau ikut sakit.

4. Ibu hanya bisa menyusui satu saja

Selama ini dikatakan bahwa si ibu harus memilih satu saja yang bisa disusui. Padahal walaupun sulit, sebenarnya bisa saja.

5. Cuma anak kembar yang bisa punya keturunan kembar juga

Orang-orang percaya kalau kamu punya saudara kembar, berarti ada anggota keluarga, nenek, kakek, atau leluhur yang juga anak kembar.

6. Hanya keturunan laki-laki saja yang menurunkan gen kembar

Faktanya, apakah ibu akan mempunyai anak kembar atau tidak itu tergantung sama gen, keadaan cuaca, kondisi ibu, dll.

7. Kembar yang jauh dari ibu akan jadi pendek

Kalau ini, sebenarnya logis saja, anak yang dekat dengan ibunya akan tercukupi gizinya dan dirawat lebih baik daripada yang jauh.

8. Kembar itu sifatnya berlawanan

Kepercayaannya, kalau yang satu kalem, yang lain pasti lebih memberontak, atau sifat-sifat yang bertolak belakang lainnya.

9. Punya telepati

Dikatakan, anak kembar itu bisa membaca pikiran saudara kembarnya. Eh, ini sih belum terbukti, tapi berhubung mereka dekat, tentu saja kembarannya pasti lebih kenal daripada orang lain.

10. Gen kembar itu lompat satu generasi

Jadi kalau nenekmu punya anak kembar, maka berarti kemungkinan kamu juga bakal punya anak kembar!

Itu tadi 10 mitos-mitos yang sampai sekarang masih sering didengar tentang anak kembar. Berapa banyak yang sudah kamu tahu? Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos yang beredar tentang anak kembar itu, beserta juga legenda-legendanya. Tahu tidak, kalau beberapa suku di Indonesia menganggap kembar laki-laki dan perempuan itu harus segera dipisah setelah lahir? Ini supaya mereka tidak jatuh cinta dan menikah sama saudaranya sendiri.

Cukup banyak juga cerita unik lagi tentang anak kembar ini, seperti misalnya cerita tentang sepasang anak kembar laki-laki dan perempuan di Inggris yang terpisah sejak lahir. Ketika mereka sudah dewasa, keduanya bertemu dan merasa sangat cocok, dan akhirnya menikah. Ketika dites kesehatan, ternyata ketahuan bahwa mereka sebenarnya sepasang anak kembar. Tentu saja, mereka harus segera bercerai.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments