Tabel Harga untuk Sapi dan Kambing Kurban di Jakarta Tahun 2015

Tabel Harga untuk Sapi dan Kambing Kurban di Jakarta Tahun 2015

Idul Adha akan tiba sebentar lagi pada tanggal 24 September 2015. Sudahkah Anda menyiapkan diri menyambut hari tersebut dengan membeli hewan yang akan dikurbankan dan diberikan pada kaum miskin? Namun niat mulia tersebut juga harus didasari dengan kemampuan keuangan Anda. Di saat Idul Adha hampir tiba, maka hukum ekonomi pastinya akan berlaku, di mana semakin banyak permintaan untuk hewan kurban, maka semakin melonjak pula harganya.

Karena itu, ketika Anda hendak memilih hewan untuk dikurbankan, pastikan bahwa Anda sesegera mungkin membelinya, karena semakin dekat harinya, harga pasti akan semakin naik. Belum lagi Anda harus memeriksa bagaimana kualitas dari hewan tersebut, apakah layak untuk dijadikan kurban atau tidak. Bagi Anda yang sedang mencari informasi untuk harga hewan-hewan kurban seperti sapi dan kambing, Anda bisa melihat daftar di bawah ini untuk membantu memutuskan:

Tentu saja, sekedar mengetahui harga dari hewan-hewan kurban ini tidak akan berguna jika Anda tidak tahu bagaimana memilih hewan yang bagus. Jika salah beli, bisa-bisa Anda membeli hewan yang kualitasnya sebenarnya ada di bawah. Karena itu, ketika Anda hendak membeli, perhatikan hal di bawah ini:

1. Umur hewan

Lihatlah umur hewan dari giginya, yaitu jumlah gigi susu yang sudah menjadi gigi yang tetap. Dapat dilihat dari warna gigi tersebut, di mana gigi susu lebih putih, dan gigi tetap kekuningan. Untuk umur terbaik, inilah yang harus Anda pilih:
- Sapi, 2 tahun, dilihat dari gigi serinya. Jika dua-duanya sudah ganti, berarti umurnya setidaknya 1 tahun.
- Kambing, 1 tahun, jika sepasang gigi serinya sudah berganti, maka umurnya sudah tepat.
- Domba, 6 bulan, sepasang gigi seri yang sudah berganti berarti umurnya 1 tahun.

2. Mata, hidung, anus

Pilih hewan yang:
- Matanya bersih, tidak ada kotoran atau belek, dan kelopak dalam berwarna merah muda.
- Hidung basah tetapi tidak becek, tidak bersin-bersin, tanpa ada cairan keluar terus-menerus.
- Anus bersih, tanpa ada sisa kotoran. Kotoran hewan sendiri padat dan tidak encer.

3. Tingkah laku

Pilih hewan kurban yang gesit dan juga enerjik, tanda bahwa mereka sehat.

4. Cara makan

Perhatikan juga cara makan hewan tersebut. Jika mereka makan dengan antusias, berarti mereka sehat dan tidak ada masalah.

Baik Anda akan mengurbankan sapi, domba, ataupun kambing, pilihlah hewan yang memang benar-benar baik dan berkualitas. Anda bisa bertanya pada dokter hewan yang mengurus hewan-hewan kurban tersebut untuk tahu kondisi mereka, dan apakah daging mereka layak untuk dikonsumsi. Pastikan kondisi fisik hewan yang Anda beli sehat sempurna dan tak ada cacat.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments