6 Jenis Batu Akik yang Paling Diburu Pecinta Batu

6 Jenis Batu Akik yang Paling Diburu Pecinta Batu

Bila Anda rajin mengikuti tren berita, Anda pasti tahu mengenai batu akik yang saat ini sedang memuncak. Demam batu akik yang berada di Indonesia sepertinya memang masih akan berlanjut. Hal ini terlihat dari berbagai macam jenis batu akik yang berada di seluruh Indonesia. Indonesia sendiri sekarang seperti surga untuk para pencinta akik. Akik tidak hanya di buru oleh kolektor domestik namun kolektor batu yang berada di luar Indonesia juga ikut memburu batu ini.

Dari berbagai macam jenis batu yang berada di Indonesia, ada 6 jenis batu akik yang sekarang di buru. Jika Anda sedang mendalami bisnis menarik ini, tidak ada salahnya bila Anda juga memiliki jenis batu-batu ini. Selain memiliki harga jual yang relatif mahal, tingkat keindahannya pun sedikit berbeda dengan batu-batu yang lainnya. Berikut ke 6 batu tersebut.

Batu akik kalsedon

Batu akik kalsedon ini mempunyai ciri-ciri seperti ia terselimut dengan kabut-kabut yang transparan. Kabut yang transparan ini memang begitu menggugah serta menambah eksotisnya batu ini. Anda bisa dengan mudah menemukan batu ini di daerah Sulawesi Tenggara serta Jawa Barat. Selain daerah ini, Anda juga bisa dengan mudah menemukan kalsedon di Jawa Timur, tepatnya di Pacitan.

Batu akik bacan warna hijau

Perlu Anda ketahui, bila saat ini ada banyak sekali kolektor yang berburu batu ini. Batu ini sesungguhnya berasal dari daerah Halmahera Selatan, tepatnya berada di Pulau Kasiruta. Batu ini begitu diminati, bahkan hingga kolektor yang ada di mancanegara pun tidak ketinggalan berburu batu yang satu ini. Perbedaan yang tercermin dari batu ini ialah batu akik bacan yang berwarna hijau ini mampu bermetamorfosa dengan alami, sehingga semakin lama ia akan semakin indah.

Batu akik kalimaya

Batu akik ini mempunyai tekstur yang lembek, akan tetapi banyak sekali yang mencarinya. Karena ciri spesifik yang dimilikinya nampak memancarkan warna seperti berlian menjadikan batu jenis Kalimaya ini menjadi buruan kolektor. Jenisnya sering disebut sebagai opal. Bila berada di luar negeri Anda bisa menemukannya di Australia, Meksiko bahkan India. Di Indonesia sendiri ia berada di Banten.

Batu akik topas

Batu akik lain yang saat ini menjadi primadona ialah topas. Batu ini mempunyai warna seperti kuning, jingga atau kemerahan. Batu ini bisa Anda temukan di Srilanka, Brazil, Rusia dan Meksiko. Untuk Anda yang mempercayai khasiat dari batu akik, batu akik topas mampu mengurangi depresi bagi orang yang menggunakannya secara terus menerus.

Batu akik safir

Batu akik safir. Siapa yang belum pernah mendengarnya. Batu ini memiliki segmen pasar yang lebih tinggi. Ia tergolong batu yang berharga mahal. Untuk para pecinta batu, sepertinya harga mahal memang pantas di berikan untuk batu yang indah ini. Hal ini dikarenakan batu ini mempunyai warna yang sangat cantik, selain itu ia dipercaya mampu menenangkan jiwa yang sedang kalut.

Batu akik zamrud

Batu yang mempunyai warna yang sangat khas ini begitu di kenal oleh pecinta batu, jenis bagu ini memang telah di kenal dari ribuan tahun lalu. Seringnya ia digunakan sebagai perhiasan. Batu ini memiliki kekerasan hingga 6.5 skala mohs. Batu ini memiliki arti sebagai lambang kedamaian dan kemakmuran. Pantas sekali rasanya bila batu ini memiliki harga yang begitu mahal bahkan hingga saat ini.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments