Hobi Jeprat-jepret? Ini Dia Kamera Digital Terjangkau yang Wajib Dimiliki!

Hobi Jeprat-jepret? Ini Dia Kamera Digital Terjangkau yang Wajib Dimiliki!

Menjadi fotografer profesional, memang tidak bisa langsung didapatkan dengan mudah. Diperlukan banyak waktu dan juga jam terbang tinggi hingga akhirnya hasil bidikan kamera kita bisa diakui oleh para pecinta fotografi. Itulah sebabnya mulai sejak dini, kemampuan mengambil sebuah gambar harus sering diasah dengan tepat. Baik itu mengenai pencahayaan ketika mengambil gambar, hingga pada penentuan momen-momen yang dianggap paling tepat. Karena tidak setiap momen yang tepat bisa diperoleh dengan mudah, maka ada baiknya kita selalu berbekal dengan kamera digital yang mudah dibawa namun berkualitas tinggi.

Kamera dengan spesifikasi seperti ini, tidaklah harus selalu yang berharga mahal hingga jutaan rupiah. Namun dengan kamera saku digital berharga terjangkau yang mempunyai kemampuan lensa tinggi, kita akan bisa mendapatkan banyak momen di sekitar kita dengan mudah. Meskipun mungkin hasil jepretan tidak bisa diatur secara spesifik seperti kamera DSLR, namun dengan kamera seperti ini setidaknya kita menjadi peka dengan momen-momen menarik. Berikut beberapa kamera saku yang bisa memenuhi hasrat tersebut, seperti:

- Canon Digital PowerShot A2500, kemampuan lensa hingga 16 mega piksel dari kamera ini, tentu akan memberikan keleluasaan pada kita untuk mengabadikan banyak ruang dan momen menarik,

- Nikon Digital Camera CoolPix L28, memiliki hasil jepretan hingga 20 mega pixel, sehingga hasil setiap jepretan akan selalu memberikan gambar yang jelas dan terang,

- Nikon Digital Camera CoolPix S3500, juga sama mempunyai kekuatan lensa hingga menghasilkan gambar tanpa efek membayang yang bisa dikatakan sangat hebat dan kuat.

Baca juga: Kriteria Kamera DSLR yang Cocok untuk Pemula


Meskipun kamera saku ini tergolong kecil dan praktis, namun bila kita bisa menggunakannya dengan tepat, tidak urung beberapa hasil jepretan bisa dinikmati layaknya sebuah karya yang terkenal. Hal yang paling utama adalah jangan ragu dan malu untuk senantiasa mengambil setiap momen yang memang dianggap menarik untuk diabadikan. Dari ketepatan instink kita untuk dapat melihat momen yang menarik inilah, akhirnya kita bisa menjadi lebih peka dan jeli, apabila kemudian kita membawa kamera profesional yang lebih mudah untuk disesuaikan menurut keinginan kita.
Setelah kita bisa memanfaatkan kamera saku sebagai alat untuk mengasah kemampuan dan insting dalam memilih momen, maka selanjutnya kita bisa mengupgrade kamera saku menjadi kamera DSLR yang memiliki kemampuan lebih hebat dan banyak pilihan fitur pengaturan pengambilan obyek gambar. Adapun beberapa kamera DSLR yang saat ini bisa dimiliki dengan harga terjangkau seperti misalnya:

1. Nikon D300 Kit, meskipun belum mendukung untuk hasil cetak foto hingga skala meter, namun kamera ini sudah dilengkapi dengan lensa yang memadai untuk pengambilan gambar terbaik,

2. Canon EOS 500D, sangat cocok untuk permulaan mengenal dunia fotografi yang lebih dalam. Kekuatan lensa hingga 15 mega piksel serta sudah terdapat LCD hasil tampilan, membuat kamera ini sangat cocok untuk dibawa kemanapun juga.

Pada dasarnya sebuah kualitas kamera tidak hanya ditentukan dengan harganya yang tinggi atau merknya yang terkenal saja, namun juga spesifikasi dari kamera itu sendiri. Penambahan fitur-fitur atau menu yang ditambahkan dalam sebuah kamera digital belum tentu akan banyak membantu Anda karena tidak semua gambar bisa ditambahkan dengan menu ini secara mudah.

Setelah memiliki kamera-kamera tersebut, maka tiba saatnya Anda harus bisa menggunakannya secara bijak dan juga tepat. Mulailah belajar untuk memahami tentang sisi-sisi gambar yang Anda ambil, mulai dari sudutnya, pencahayaannya hingga pada teknik memotret yang digunakan. Semua itu perlu dilatih secara terus agar profesionalisme bisa segera didapatkan.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments