Kriteria Kamera DSLR yang Cocok untuk Pemula

Kriteria Kamera DSLR yang Cocok untuk Pemula

Dunia fotografi memang selalu menjadi perhatian yang cukup menarik bagi banyak orang terutama bagi mereka yang mencintai dunia ini. Tetapi tidak semua orang yang menyukai dunia ini berkesempatan memiliki kamera yang canggih yang akan menunjang hobi mereka. Bagi pemula di dunia fotografi juga bisa memulai dengan menggunakan beberapa kamera DSLR yang memang sangat cocok untuk mereka. Karena tidak semua kamera ini bisa digunakan untuk pemula, ada beberapa fitur dalam kamera yang tidak cocok untuk pemula dalam dunia fotografi.

Untuk membeli kamera ini pastinya ada beberapa kriteria khusus yang harus dipahami karena adanya beberapa perbedaan antara kamera yang profesional dan untuk yang pemula. Berikut ini adalah kriteria yang sangat cocok untuk mereka yang masih menjadi pemula antara lain:

1. Kamera ini harus memiliki fitur umum yang dimiliki oleh kamera DSLR pada umumnya karena akan mempermudah mereka yang pemula untuk mempelajari fitur yang dimiliki.

2. Memiliki ukuran layar standar, ini akan memudahkan mereka yang belum terbiasa menggunakan kamera DSLR semakin mahir dan juga cocok.

3. Lensa standar, ini adalah hal yang paling penting dalam sebuah kamera oleh karena itu pemula haruslah memulainya dengan ukuran lensa yang standar karena akan sangat membantu dalam memberikan fokus.

Memiliki sebuah kamera DSLR mungkin adalah sebuah impian dari mereka yang menyukai fotografi. Namun tidak perlu khawatir karena untuk memiliki kamera yang standar tidak perlu memiliki uang yang banyak. Harga kamera dengan ukuran standar ini masih cukup terjangkau dan juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas fotografi yang cukup menarik. Selain itu jika ingin meningkatkan pengetahuan kita mengenai fotografi kita hanya perlu membeli lensa baru dengan resolusi yang lebih baik tentunya.

Baca juga: Daftar Lengkap Harga Baru dan Second Tablet dan Smartphone Samsung Galaxy


Untuk pemula biasanya masih cukup kesulitan dalam memilih mana kamera yang cocok untuk mereka. Oleh karena itu beberapa senior dalam fotografi juga seringkali memberikan tips bagaimana sebenarnya memilih kamera yang cocok untuk pemula. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan antara lain:

- Melihat referensi di internet, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melihat mana referensi kamera yang cocok bagi mereka yang pemula mulai dari merk sampai dengan harga.

- Pilih ukuran DSLR yang cocok dengan Anda, seperti yang sudah diketahui ada berbagai ukuran yang bisa dipilih. Untuk pemula sebaiknya menggunakan ukuran yang kecil terlebih dahulu.

- Perhatikan segala detail yang ada pada kamera, karena Anda masih pemula biasanya cukup sulit mengenali beberapa bagian ini.

- Fitur, ini adalah hal yang penting karena akan menunjang aktivitas fotografi yang akan dilakukan nantinya.

Pada saat membeli kamera ini sebaiknya janganlah cepat termakan dengan omongan yang menjual karena kita belum selamanya bisa mengerti apa yang mereka lakukan benar rekomendasi atau taktik pemasaran. Ada baiknya mencari banyak informasi terlebih dahulu di internet karena akan semakin menambah pengetahuan Anda ketika akan membeli kamera ini.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting ketika akan membeli kamera ini adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan memaksakan uang untuk membeli kamera ini karena akan membahayakan kondisi keuangan kedepannya. Pilihlah kamera dengan harga tidak tinggi namun memiliki fitur yang sesuai dengan pemula dalam dunia fotografi. Biasanya merk dari kamera juga akan mempengaruhi harga yang ada.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments