10 Cara Singkirkan Rasa Sedih dan Gundah

10 Cara Singkirkan Rasa Sedih dan Gundah

Mengalami perasaan cemas dan galau adalah hal wajar. Tidak setiap waktu Anda bisa merasa tenang dan bahagia, bukan? Apalagi jika Anda sedang dirundung banyak masalah, seperti gagal dalam percintaan, deadline pekerjaan yang dekat, mau ujian, dll. yang merupakan bagian dari pengalaman hidup sebagai manusia. Namun jika hal tersebut terjadi berlarut-larut, hal ini akan menjadi masalah. Stress yang terjadi membuat sulit tidur, susah konsentrasi, dan tak ada motivasi. Untuk itulah, Anda perlu mengusir rasa gundah tersebut.

Bagaimana caranya? Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Berpikir positif

Kemungkinan nasihat ini akan membuat Anda jengkel, apalagi jika ini adalah nasihat dari orang-orang di sekitar. Tetapi percaya atau tidak, berpikir positif sebenarnya efektif dalam membuat perasaan jadi lebih ringan. Sesedikit apapun, cobalah melihat sisi positif dari sebuah masalah. Putus cinta? Well, setidaknya Anda masih bebas bepergian sendiri tanpa dikekang, pikirkan saja hal seperti itu.

2. Mendengarkan musik

Musik secara universal dianggap sebagai penghibur yang sangat efektif. Bahkan para ilmuwan sendiri juga telah membuktikannya. Ketika Anda mengalami patah hati atau sedih karena ditinggal seseorang yang dekat dengan Anda, mendengarkan musik yang sedih sebenarnya bisa membantu Anda dalam melakukan coping. Anda akan merasa lebih lega setelah itu.

3. Membaca buku

Ketika Anda membaca buku, Anda akan membangun empati dengan tokoh di buku tersebut. Karena itu, jangan ragu untuk membaca, terutama buku-buku yang inspiratif atau yang membuat Anda tersenyum, karena dengan demikian, Anda akan mendapatkan perspektif baru.

Baca juga: Cara Membuat Donat Secara Lengkap


4. Menangis

Ya, jangan ragu untuk menangis dan mengeluarkan segala isi hati Anda, baik Anda laki-laki atau perempuan. Menangis adalah proses awal yang penting dalam perjalanan menuju kebahagiaan, karena ini proses di mana Anda mulai dapat menerima kenyataan bahwa Anda memang dirundung masalah.

5. Olahraga

Kegiatan fisik seperti berlari, jalan kaki, ataupun olahraga yang lain akan merangsang otak memproduksi hormon endorfin, yang akan membuat Anda merasa lebih baik. Rasa lelah juga akan membantu Anda untuk mudah tidur.

6. Curhat

Menceritakan masalah dengan teman dekat Anda akan membuat Anda merasa lebih baik. Tidak hanya mereka bisa menghibur Anda, namun proses dalam bercerita tersebut akan membuat Anda bisa melihat masalah yang dihadapi dengan lebih jelas, memberikan perspektif baru. Tak jarang kadang Anda bahkan telah menemukan jalan keluarnya di tengah-tengah proses bercerita.

7. Jadi sukarelawan

Jadilah relawan dalam sebuah organisasi, misalnya mengajar anak-anak tak mampu, memberikan makanan pada kaum dhuafa, dan hal-hal baik lainnya. Selain berbuat baik, kegiatan ini akan membantu Anda tetap sibuk, mengalihkan perhatian Anda dari kesedihan.

8. Ganti suasana

Tak ada salahnya untuk pergi ke luar kota sebentar, memotong rambut, atau bahkan mengecat kuku, bahkan mungkin mengganti rute perjalanan yang biasa. Adanya perubahan rutinitas bisa membuat Anda tidak terlalu terperangkap dalam kesedihan.

9. Makan coklat

Tidak hanya lezat, coklat juga mengandung phenylethylamine, yang merupakan anti-depresan alami yang akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Efek dari coklat itu mirip dengan orang jatuh cinta, dan makan coklat selama 15 menit bisa mengurangi kesedihan sampai 60%!

10. Berdoa

Setelah melakukan hal-hal di atas, jangan pernah lupa kepada Tuhan. Dia akan membantu Anda menemukan kekuatan dalam mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi di hidup Anda.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments