7 Inspirasi Berkreasi Menggunakan Barang Bekas

7 Inspirasi Berkreasi Menggunakan Barang Bekas

Selain membeli berbagai barang baru, salah satu trik jitu mendekorasi rumah agar terlihat semakin cantik dan indah adalah dengan membuat sendiri beragam benda kerajinan menggunakan barang-barang bekas.

Barang bekas yang seringkali Anda anggap sebagai tumpukan sampah yang seakan-akan sudah tidak lagi memiliki manfaat ternyata di tangan seseorang yang kreatif akan menjadi barang yang sangatlah berguna. Bukan hanya bermanfaat saja, tetapi berbagai barang kerajinan yang Anda hasilkan tentu akan terlihat sangat cantik.

Dalam kehidupan manusia setiap harinya akan selalu menghasilkan sampah berbagai ukuran serta jenis. Mulai dari sampah botol plastik, kaleng kosong, alat-alat dapur bekas dan masih banyak jenis lainnya. Benda-benda tersebut sering cenderung diabaikan begitu saja. Padahal saat Anda bersedia untuk sedikit saja meluangkan waktu serta berpikir lebih kreatif, tentu Anda dapat mengubah benda tersebut menjadi barang kerajinan bernilai tinggi.

Begitu banyaknya manfaat yang dapat diambil dari mendaur ulang limbah yang tidak lagi terpakai di rumah Anda menjadi barang-barang kerajinan tangan dengan nilai tinggi, antara lain seperti:

1. Pola hidup lebih sehat dengan komitmen hidup go green yang membantu lingkungan bersih dan terpelihara, terutama dari sampah plastik.
2. Menciptakan benda-benda yang lebih bermanfaat dan membantu Anda untuk menghemat anggaran pembelian barang baru yang lebih mahal.
3. Memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang jauh lebih produktif.

Baca juga: Ini Dia Kunci Membaca Perasaan Lewat Mimik Wajah


Bagi Anda yang sekarang ingin mencoba membuat sejumlah kerajinan tangan menggunakan barang-barang bekas yang memang tidak lagi terpakai, maka berikut merupakan beberapa inspirasi kreatif yang dapat menjadi referensi Anda dalam menciptakan kreasi.

Meja menggunakan kaki botol bekas



Cara untuk membuat meja ini sangat sederhana. Anda hanya membutuhkan sebuah papan kayu, alat bor dan tentunya botol bekas. Selanjutnya lubangi papan menggunakan bor untuk menempatkan leher botol/ kaki meja.

Tempat perhiasan menggunakan botol plastik



Untuk kerajinan ini Anda membutuhkan 4 buah botol plastik bekas yang diambil bagian bawahnya saja, beberapa baut dan mur untuk penyekat dan penyangganya serta besi kecil sebagai tiang.

Tempat pengisian baterai ponsel



Jika botol plastik bekas yang ada di rumah Anda cukup banyak, maka dapat Anda manfaatkan untuk membuat sesuatu yang unik semacam tempat handphone charger. Dimana cara membuatnya tidak kalah mudah dibanding dua kerajinan diatas.

Botol plastik sebagai pot tanaman



Masih menggunakan botol plastik sebagai kerajinan tangan. Kali ini Anda dapat menggunakan botol plastik bekas dari berbagai minuman ringan dapat Anda manfaatkan menjadi pot tanaman yang juga sangat cantik. Bahan-bahan yang Anda butuhkan yaitu sejumlah botol plastik, piringan CD atau DVD bekas dan juga cat semprot.

Bungkus parsel atau kado



Apakah Anda ingin memberikan hadiah spesial kepada kekasih atau teman saat hari ulang tahunnya tiba? Tentu saja caranya sangat mudah, Anda dapat membungkus sendiri kado yang nantinya akan Anda berikan secara kreatif.

Boneka lucu



Jika di rumah Anda banyak terdapat botol-botol plastik bekas semacam botol bekas oli, botol bekas pembersih mulut atau botol bekas pelembut pakaian. Mengapa tidak Anda ubah saja sampah bekas botol tersebut menjadi boneka lucu yang berguna sebagai hiasan rumah cantik? Berbagai ide bentuk karakter unik yang dapat Anda wujudkan sebagai boneka sesuai dengan ukuran botol tersebut.

Pot Bunga dari Sepatu Bekas



Jujur saja, biasanya yang banyak sepatu bekas dan tidak terpakai itu adalah kaum wanita, karena selain wanita suka belanja sepatu, harganya pun kadang tidak begitu mahal. Kaum lekaki biasanya hanya beli sepatu yang dibutuhkan saja. Nah daripada sepatu bekas menumpuk dan memenuhi gudang kamu dan terlihat jorok, tidak ada salahnya Anda manfaatkan buat pot dari sepatu tersebut, lumayan memperindah teras rumah kamu.

Apakah sudah mulai bermunculan berbagai macam ide kreatif untuk menyulap barang-barang bekas di dalam rumah Anda menjadi lebih bernilai guna?

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments