Liburan? Temukan 5 Surga Tersembunyi di Bali

Liburan? Temukan 5 Surga Tersembunyi di Bali

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata ‘Pantai Bali’? Banyak orang yang terbayang ingin berlibur ke Bali, banyak orang yang ingin merasakan betapa mengagumkannya wisata alam terutama Pantai di Bali. Berapa banyak nama Pantai di Bali yang dapat kalian sebutkan? Bisakah menyebutkan nama Pantai yang bahkan hanya sedikit orang yang mengetahuinya? Wah, agar tak seperti wisatawan yang lain yuk kenali Pantai di Bali yang masih tersembunyi dan belum terjamah oleh banyaknya kunjungan wisatawan.

1. Pantai Virgin

Tak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan Pantai ini, bahkan penduduk lokal pun tak banyak yang mengetahui. Ya, letaknya yang cukup bisa dibilang ‘pedalaman’ terletak di ujung timur Bali tepatnya di daerah Karangasem. Sebutan ‘Virgin Beach’ ini sebenarnya diberikan oleh wisatawan yang menemukan Pantai ini. Penduduk lokal memberi nama “White Sand Beach’.
Ada beberapa faktor yang membuat Pantai ini termasuk ke dalam Pantai rahasia. Pertama, Pantai ini terletak di desa Perasi dan diapit oleh dua bukit yakni Apen dan Penggiang.

Untuk mencapai di Pantai Virgin inipun, wisatawan harus menempuh jalan setapak yang hanya dapat dilalui oleh satu motor saja. Kedua, warna pasir yang berbeda dengan Pantai yang lainnya merupakan daya tarik bagi wisatawan serta penduduk lokal itu sendiri. Sesuai dengan nama yang diberikan penduduk lokal, warna pasir di Pantai Virgin adalah putih. Ketiga, akses yang tak mudah dan daerah tempat Pantai Virgin berada tak lazim disebut sebagai daerah wisatawan layaknya Pantai Kuta. Layaknya Pantai pada umumnya, penduduk lokalpun dapat membuka lapangan pekerjaan seperti adanya penyewaan fasilitas snorkeling, penyewaan kursi dan payung dan adanya jasa pijat.

2. Pantai Atuh

Nusa Penida memang cukup terkenal dengan banyaknya objek wisata yang masih menjadi rahasia dan bahkan belum tersentuh oleh penduduk lokal. Banyak objek wisata yang belum terekspos sehingga masih kokoh berdiri secara alami. Salah satu objek wisatanya yakni Pantai Atuh. Terletak di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini sebenarnya sudah terkenal sejak beberapa tahun silam terutama sejak diadakannya Festival Nusa Penida.

Dari kota Denpasar, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 2 jam dan untuk mendapatkan pemandangan yang indah di Pantai Atuh, wisatawan harus melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 2km. Bosan dan jauh? Tak usah khawatir, karena selama di perjalanan akan disuguhkan oleh keindahan dua tebing yang mengapit Pantai Atuh. Menyenangkannya lagi, berwisata ke Pantai Atuh kita juga disuguhkan oleh gugusan pantai yang mengitari Pantai Atuh. Salah satu pantai yang terkenal di gugusan tersebut adalah Pulau Batu Melawang atau yang terkenal dengan nama Batu Bolong.

3. Karma Kandara

Pantai ini terletak di daerah yang memang terkenal sebagai daerah turis alias banyak objek wisata yang cukup terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Terletak di daerah Kuta dengan jarak kurang lebih 27 km dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, Pantai Karma Kandara terkadang juga akrab dengan sebutan Pantai Nammos. Menngapa dinamakan Karma Kandara? Karena pada beberapa tahun silam dibangun Karma Kandara Resort dan sangat kebetulan pantai tersebut berada di bawah resort tersebut, sehingga untuk lebih mudah mengingat maka banyak masyarakat yang akhirnya menyebut dengan Pantai Karma Kandara.

Baca juga: Kumpulan Tempat Wisata di Bali Lengkap


Pantai ini akhirnya menjadi private beach untuk tamu yang berkunjung dan menginap di Karma Kandara Resort. Tak jarang, pantai ini disewa untuk mengadakan acara pernikahan. Tidak menginap tapi ingin ke pantai? Untuk mudahnya, anda bisa melewati jalan dari dalam resort dan membayar biaya masuk sebesar 250 ribu per orang dengan mendapat deposit 100 ribu per orang untuk pembelian makanan dan minuman.

Ingin gratis? Tenang, anda tetap bisa berkunjung ke Pantai Karma Kandara tanpa harus membayar. Namun, butuh perjuangan karena akses menuju pantai memerlukan tenaga yang cukup untuk melewati lorong untuk sampai di bibir tebing, lalu untuk menikmati keindahan pantai secara langsung anda harus menuruni kurang lebih 340 anak tangga yang berkelok kelok. Jadi yang mana pilihan anda?

4. Tegal Wangi

Siapa yang tak mengenal Pantai Tegal Wangi? Pantai yang terletak di sebelah selatan Jimbaran tepatnya di area Pura Segara Tegalwangi, Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini terkenal dengan keindahan dan pemandangan saat matahari terbenam. Pemandangan yang dapat dilihat dari atas tebing curam ini dinobatkan menjadi pantai dengan pemandangan matahari terbenam tercantik se-Asia Tenggara. Wisatawan sangat suka duduk di karang sambil menikmati pemandangan yang tersaji saat sore hari. Untuk sampai di kawasan pantai ini, anda harus turun tidak terlalu jauh dari atas tebing yang curam. Banyak wisatawan atau masyarakat yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk foto pra-wedding.

Untuk sampai ke Pantai Tegal Wangi anda tidak perlu kebingungan. Pertama, tentu ada bisa menggunakan aplikasi peta dari smartphone anda karena ada petunjuk yang jelas untuk bisa ke pantai ini. Yang kedua, temui jalan besar yang menghubungkan dengan Hotel Ayana karena letak pantai ini yang dekat dengan hotel tersebut. Selain pemandangan yang indah, anda juga dapat menikmati pemandangan pesawat yang akan mendarat di Bandara Udara Internasional Ngurah Rai.

5. Pantai Bingin

Menempuh jarak 32km dari Denpasar tidak membuat para wisatawan menyerah untuk menengok keindahan yang disajikan Pantai Bingin. Terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, pantai ini berdekatan dengan Pantai Dreamland. Hanya saja sekalipun berdekatan, anda harus menggunakan perahu untuk ke Pantai Bingin karena dibatasi oleh tebing. Pada siang hari, banyak wisatawan yang rela membayar mahal untuk surfing dan merasakan keindahan ombak Pantai Bingin. Selain itu, dilengkapi dengan pasir putih, deretan tebing dan suasana yang masih asri membuat wisatawan sangat nyaman untuk bersantai di pantai ini.

Memang perjalanan menuju Pantai Bingin ini sangatlah sulit. Anda harus melewati beberapa kali jalanan terjal, berliku serta sedikit berlubang. Namun, susah payah anda akan terbayarkan dengan pemandangan yang jauh dari hiruk pikuk kesibukan kota dan juga keindahan saat matahari terbenam.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments