Mengenal Spesifikasi Perahu Karet

Mengenal Spesifikasi Perahu Karet

Perahu karet adalah sebuah kendaraan berbasis karet yang digunakan pada mediasi air. Kelebihannya pada perahu ini adalah berbahan dasar karet yang elastis, sehingga suatu saat ketika tidak digunakan bisa dikempiskan dan bisa pasang lagi dengan pengisian udara pada bagian dalamnya. Biasanya penggunaan perahu ini digunakan dalam beberapa fungsi, seperti:

- Sebagai perahu skoci atau disebut juga sebagai perahu kecil. Biasanya digunakan untuk kapal pesiar dan kapal besar lainnya yang berfungsi sebagai perahu cadangan jika terjadi sesuatu musibah yang mengakibatkan hancurnya kapal utama.

- Anda pasti pernah melihat berita tentang bencana alam, seperti banjir besar, tsunami, dan lainnya. Perahu ini digunakan untuk beberapa kegiatan sosial, karena fasilitasnya yang sederhana dan simple untuk keadaan urgent.

Baca juga: Daftar Tempat Sewa Kapal Perahu Kepulauan Seribu

- Untuk kegiatan adventure alias petualangan arum jeram, atau outbond lainnya. Menagih keberanian dalam menguasai arus yang besar, terjal, dan berbahaya.

- Untuk penjaga pantai, jika suatu saat keadaan terdesak harus menolong orang yang tenggelam, fasilitas perahu ini bisa sangat berfungsi untuk pertolongan tersebut.

Spesifikasi perahu ini pada dasarnya sangatlah sederhana, tetapi istilah ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda, yaitu:

- Front handle, bagian depan yang memiliki kaitan untuk digunakan sebagai pegangan agar Anda bisa menarik perahu karet lebih mudah.

- All around safety rope, tali keselamatan, yang diikatkan ke seluruh bodi perahu, dan bisa berfungsi sebagai tali menali sesuatu dan bisa juga saling berkombinasi dengan perahu lainnya agar tidak saling terpisah.

- Electric motor connection, yang berada pada bagian belakang untuk mesin motor berfungsi sebagai pembantu menjalankan perahu secara otomatis, tetapi di sebagian perahu ada yang tidak menggunakan mesin sehingga penggunaannya adalah paddle set yang berfungsi untuk mengayuh air agar perahu bisa berjalan.

- Oar lock, berfungsi sebagai pengunci paddle yang diletakkan pada bagian kanan dan kiri badan perahu, sehingga tidak mengganggu volume yang ada di dalam perahu untuk duduk.

Itulah beberapa istilah yang membantu Anda semakin mengenal perahu tersebut, jika dilihat dari segi harga, rata-rata di Indonesia di banderol mulai dari 20juta-an sampai kepada 250juta-an, tergantung kapasitas perahu ini bisa menopang banyak orang, ada untuk 5 orang sampai ke 12 orang serta berbagai macam kelengkapan yang bisa Anda gunakan ketika memakai perahu tersebut.

Perahu karet merupakan sebuah fasilitas yang telah banyak bermanfaat oleh banyak orang, karena berguna untuk kegiatan-kegiatan outdoor & outbound, sehingga ketangkasan para pecinta arum jeram ini semakin meningkat dan bermanfaat untuk kehidupannya. Kemudian perahu ini di bidang sosial sangat berguna karena alat pertolongan yang paling simple dan kuat. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments