Menentukan Sepatu Gunung dengan Tepat

Menentukan Sepatu Gunung dengan Tepat

Mendaki gunung menjadi aktivitas yang sangat digemari para pemuda akhir-akhir ini. banyak sekali peralatan mendaki yang di jual di pasaran. Salah satu kebutuhan wajib bagi pendaki adalah sepatu gunung. Sepatu ini di desain khusus untuk menjelajah alam bebas, sehingga fiturnya sangat berbeda dengan sepatu lain.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mendaki. Pertama, mempersiapkan jasmani dan rohani sebelum mendaki. Terlebih lagi bagi para pemula, harus mempersiapkan diri dengan cara berolahraga rutin agar tidak kaget karena medan gunung yang berat. Kedua, demi keamanan peralatan mendaki baik perorangan maupun berkelompok harus dibawa.

Peralatan individu yakni jaket, sepatu gunung, sleeping bag, tas carrier, kompas, senter, dll. Sedangkan peralatan kelompok yaitu tenda, kompor, peta, dan masih banyak lagi. Ketiga, sebelum mendaki suatu gunung, alangkah lebih baiknya mempelajari medan yang akan di tempuh. Jadi, sebaiknya bertanya pada teman atau kerabat yang telah mendaki gunung tersebut, yang tentunya sudah tahu benar tentang treknya.

Selanjutnya, untuk menaklukkan sebuah gunung, pastinya bukan perjalanan yang ringan. Kekuatan fisik akan terkuras, sehingga peran makanan dan minuman sebagai penghasil energi akan sangat dibutuhkan.. Saat itulah memakan snack dan minum minuman isotonic sangat memungkinkan. Karena butuh energi yang super, ada baiknya juga untuk membawa permen atau biskuit sebab rasanya yang manis dan dapat menjadi tenaga bagi tubuh. Keempat, walaupun di gunung akan terasa dingin, namun tak berarti tidak membutuhkan air. Pasti akan kehausan saat berjalan jauh dengan trek mendaki juga.

Baca juga: 5 Tips Agar Pergi Ke Belakang Tak Jadi Halangan Saat Naik Gunung


Membawa air yang cukup juga bisa untuk berjaga-jaga kalau di puncak gunung tidak ada sumber air yang dekat. Kemudian, untuk menjelajahi alam bebas seperti di gunung, tidaklah mungkin berjalan sendiri tanpa ditemani seorang pun. Selain berbahaya bagi keamanan karena tidak ada yang menolong, mendaki gunung sendiri tidak akan merasa asik dan ramai.

Untuk sepatu gunung sendiri, terdapat detail yang harus diperhatikan saat membelinya, yakni:

1. Untuk sepatu mendaki yang standar saat ini adalah Gore Tex dan juga Sympatex yang memiliki membran waterproof namun masih ada rongga udara untuk sirkulasi udara kaki.

2. Hendaknya memilih size sepatu yang satu ukuran lebih besar dari biasanya. Jika biasanya membeli ukuran 40, maka pilihlah size 41 untuk mendaki untuk menghindari lecet.

3. Sepatu yang waterproof akan dapat melindungi kaki dari medan area basah. Saat mendaki ada kemungkinan besar akan terkena hujan atau melewati sungai.

4. Selain waterproof, usahakan sepatu dapat menutup sampai ke mata kaki. Karena kebanyakan saat terkilir, engkel dan mata kaki yang paling sering terluka.

5. Kemudian, pilihlah sepatu dengan outsole terbuat dari campuran tapak bergigi dengan karet, serta ada pola setengah lingkaran pada tumit sepatu.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments