Panduan Berbelanja di Tempat Belanja Online dengan Mudah dan Aman

Panduan Berbelanja di Tempat Belanja Online dengan Mudah dan Aman

Semakin banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaat dari kecanggihan teknologi, apalagi semenjak kemunculan internet. Anda tak hanya mendapatkan keuntungan dengan akses informasi yang lebih cepat, murah bahkan luas, melainkan juga digunakan sebagai sarana dalam berbisnis, menjual barang secara online misalnya, ini merupakan salah satu cara berbisnis tanpa keluarkan banyak modal dan memperluas jaringan pemasaran. Saat ada penjual tentunya satu lagi yang akan diuntungkan adalah pembeli, kamu juga bisa dengan mudah membeli barang di tempat belanja online.

Sebagian orang tentunya sudah tau caranya, namun juga ada yang belum terlalu mengenal cara bertransaksi via online ini. Nah bagi kamu yang masih awam berikut ini ada beberapa panduan mudah yang bisa dicoba, yaitu:

1. Silahkan bukan browser Anda, kamu bisa langsung mengetikkan beberapa nama situs atau tempat belanja online, bagi yang belum terlalu yakin bisa mencari referensi dari teman Anda.

2. Kamu bisa langsung melihat tawaran produk apa saja yang ada di dalamnya. Umumnya ada beberapa cara orang belanja online ini, yaitu langsung melihat barang yang tengah di diskon atau juga mencari barang yang sudah menjadi tujuan untuk dibeli, nah Anda yang semacam ini bisa langsung mengetikkan nama produk dan mencarinya.

3. Kamu akan melihat beberapa produk yang keluar, umumnya berbeda jenis situs pembelian juga berbeda pula tawaran produk. Untuk itu alangkah baiknya banding-bandingkan terlebih dahulu antara satu situs dengan yang lainnya.

4. Anda dapat langsung melihat spesifikasi lengkap terkait produk tersebut, jangan lupa juga untuk membandingkan antara budget dengan harga yang ditawarkan.

Baca juga: Menentukan Kualitas Produk Toko Online Indonesia


5. Setelah cocok kamu bisa langsung melakukan pemesanan, caranya adalah masukkan barang tersebut ke dalam keranjang, tentukan spesifikasi yang diinginkan, misalnya adalah ukuran dan juga jumlah, setelah semuanya cocok Anda akan dibawa pada langkah selanjutnya. Isikan data diri dan juga alamat secara lengkap agar tak terjadi kekeliruan pada saat pengiriman nantinya.

6. Kamu harus membayar sejumlah harga barang tersebut, nah proses pembayaran sendiri ada beberapa jenis, yaitu transfer dari bank, cara ini paling digemari karena mudah, COD yang memungkinkan kamu terhindar dari penipuan atau transfer lewat rekening bersama atau rekber.

7. Kamu bisa langsung konfirmasi, jangan lupa bukti pembayaran via bank tersebut kamu simpan.

8. Tinggal tunggu hingga produk yang dipesan sampai ke tangan Anda.

Karena tak semua situs tawarkan keamanan pada Anda, tentunya kamu sendiri harus lebih cermat dalam berbelanja. Setidaknya berikut ini beberapa hal yang harus kamu lihat pada situs tersebut:

- Perhatikan kebijakan dari situs web yang bersangkutan, harus ada nama pengelola secara jelas.

- Periksa keamanan dari situs tersebut, salah satu contohnya pada saat pembayaran via credit card, kamu harus memastikan bahwa data pribadi yang digunakan aman atau terprivacy.

- Penjual yang akan mengirimkan barang juga harus memberikan nomor RESI kepada Anda, hal ini semata-mata mempermudah pembeli untuk mengecek lokasi barang mereka.

- Kamu patut waspada dengan tawaran barang yang terlalu murah, harganya tak wajar dengan yang ada di pasaran, bisa jadi barang yang dijual adalah palsu atau kamu bahkan tak menerima barang apapun setelah uang ditransfer.

Wajib memang memperhatikan keamanan tempat belanja online, jangan hanya sekedar tertarik pada tawaran harga atau ikut-ikutan. Pertimbangkan pula review orang lain pada situs jual beli tersebut.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments