Tips Memilih Sofa Bed untuk Rumah Minimalis Anda

Tips Memilih Sofa Bed untuk Rumah Minimalis Anda

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan luas bangunan dan luas tanah tidak terlalu besar tentu harus terus mensiasati bagaimana agar rumah terlihat tertata rapih, bersih namun tetap terkesan luas, atau rumah kontakan petakan Anda. Saat ini sudah banyak peralatan rumah tangga serta furniture yang memang di desain dan diproduksi untuk perumahan minimalis, bahkan tidak hanya rumah kecil sederhana saja yang menggunakannya namun juga rumah mewah pun sekarang ini sudah memakai perlengkapan perumahan dengan produk minimalis,

Kita ambil contoh rak-rak dinding dengan memakai siku-siku sebagai penahannya begitu juga TV LED yang dipasang bracket untuk ditempel di dinding. Tentu strategi seperti ini sangat berguna untuk tata ruang rumah Anda makin terkesan lapang, untuk ruang tamu sendiri Anda bisa memilih sofa bed. Sofabed ini sangat pas untuk kamu yang sedang mengontrak  "rumah petakan" yang cuma mempunyai 3 ruang yaitu ruang tamu, ruang tengah dan dapur. Namun agar kamu tidak menyesal dalam membeli sofabed, ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli sofa bed kamu bisa baca beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Sofabed Rumah Anda


1. Pilihan Warna dan Desain


Warna suatu perabotan atau furniture rumah tangga termasuk faktor penting dalam memutuskan untuk membelinya. Sesuaikan warna furniture kamu dengan perabotan lain dan juga cat dinding atau wallpaper dan bila perlu konsultasikan dengan ahli desain, kombinasi warna apa yang cocok dengan warna perabotan yang sudah ada sebelumnya dan mesti dipadukan dengan furniture yang akan dibeli. Selain itu, agar fungsi sofa maksimal, tentu warna sangat penting karena jika sofa terlihat mencolok untuk tempat tidur jadi kurang bagus juga.

2. Fungsi dari Sofabed itu Sendiri

Sebagian orang memanfaatkan sofabed lebih ke fungsi sebagai sofa, namun banyak juga yang memanfaatkan sofabed dengan fungsi seimbang yaitu 50% - 50% untuk sofa dan juga sebagai tempat tidurnya dimalam hari. Jadi setelah menentukan hal tersebut, Anda bisa memutuskan sofabed tipe apa yang pas untuk Anda beli dan pasang di rumah.

3. Sofabed Ruang Tamu Jangan Terlalu Kecil lebarnya


Kenapa kamu jangan membeli sofa bed yang lebarnya kecil atau maksimal berukuran 1,20 meter ? kamu bisa lihat contoh gambar dibawah ini:

Nah, gambar sofa diatas hanya memiliki lebar sekitar 120 cm, dan saya rasa cuma cukup untuk 2 orang kalau diduduki. Jika ini kamu letakan sebagai kursi tamu tentu kamu hanya bisa menerima tamu 1 orang. Atau jika lebih dari 1 orang tamu Anda, tentu kamu akan lesehan sementara mereka duduk diatas, nggak lucukan dan bagi saya sofabed type ini lebih cocok seperti kursi pengantin. Memang sofabed type ini termasuk nyaman untuk tempat tidur, tapi nggak banget untuk sofa tamu.

Baca juga: Rumah Baru Minimalis Solusi Lahan Sempit


4. Jangan terlalu Besar Lekukan / Patahan untuk Fungsi Sofa dan Kasur


Ada beberapa sofabed yang bagus untuk fungsi sofa tapi memiliki lekukan-lekukan yang cukup dalam apalagi dengan busa yang agak keras. Hal ini akan membuat kurang nyaman jika Anda menggunakan fungsinya sebagai kasur tempat tidur (bed), bahkan bagi yang tidak terbiasa maka badannya akan pegel-pegel atau sakit jika keseringan tidur di sofa bed jenis ini.

5. Pegangan Tangan jangan Terlalu Melengkung


Ada beberapa sofa bed dengan type pegangan tangannya terlalu melengkung, contoh:

Gambar diatas contoh sofabed dengan pegangan tangan kiri kana yang agak tinggi dan permanen alias tidak bisa diluruskan. Bisa saja salah satunya kamu jadikan bantal saat digunakan sebagai kasur, tapi untuk bagian kaki Anda akan jadi tinggi dan ini tentu kurang nyaman jika dipakai untuk tidur.

6. Hindari Sofabed Angin

Sofabed angin memang agak murah tapi tentu ada kelemahannya, sofa bed angin kurang nyaman saat diduduki ataupun di jadikan kasur karena sifatnya yang gampang mantul / terlalu mantul-mantul.

7. Bahan Sofabed

Bahan sofabed juga sangat penting, kalau bisa sofabed Anda tipe kulit sintetis atau waterproof. Selain gampang dibersihkan, kotoranpun tidak mudah nempel apalagi jika Anda memiliki anak kecil yang masih suka ngompol atau memelihara kucing yang bulunya suka rontok atau kencing sembarangan.

8. Sofa L Bed

Jika ada budget lebih sebaiknya cari sofa L bed, selain fungsi sofanya pas, fungsi kasurnya juga bagus dan nyaman. Saat ini sudah banyak dijual di pasaran untuk jenis sofa L bed.

Sofa L bed menjawab kebutuhan untuk fungsi keduanya balance, baik sebagai sofa ataupun sebagai kasur tidur. Namun kamu juga harus memilih sofa L bed yang sesuai dengan ruang tamu, pilih posisi kiri atau kanan.

Itulah beberapa tips memilih sofa bed untuk ruang tamu Anda, jangan terlalu tergoda dengan harga murah tapi Anda sendiri kurang menikmati fungsinya nantinya.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments