Kiat-kiat untuk Memilih Home Theater dengan Mudah

Kiat-kiat untuk Memilih Home Theater dengan Mudah

Memilih sistem home theater untuk menjadi sistem hiburan yang berada di dalam rumah ialah pilihan yang sangat tepat. Bagaimana bila pilihan ini terkendala dengan masalah seperti ruangan yang terbatas atau pun budget? Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Sekarang ini untuk mempunyai perangkat hiburan ini tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak. Di pasaran Anda bisa menemukan penawaran dengan harga yang terjangkau bahkan lebih hemat bila membangun secara terpisah. Produsen elektronik seperti Samsung, LG, Sony memang merilis produknya dengan menggunakan teknologi yang mutakhir. Lantas, apa saja poin yang harus dipertimbangkan?

Salah satunya ialah tampilan layar yang menawan. Sebuah gambar yang sangat fantastis akan menjadi fokus di sistem ini. Anda bisa memilih untuk menggunakan TV LCD, TV plasma, atau pun LED. Kebanyakan TV modem untuk sekarang ini memiliki resolusi HD, untuk memperoleh gambar yang paling baik. Lebih baik, Anda memilih televisi yang mempunyai 1080p High Definition. Dengan menggunakan resolusi 1920 x 1080 p, ia akan memberikan tampilan gambar detail yang begitu jernih. Jangan lupa untuk memperhatikan refresh rate yang mempunyai 100 Hz hingga 200 Hz yang akan menghasilkan gambar yang halus. Anda juga bisa membeli kaca mata 3D dan juga Blue ray player.

Kedua ialah sistem speaker yang 5.1 atau pun lebih, minimal untuk perangkat dari home theater mempunyai 5 speaker serta sebuah sub woofer. Umumnya speakernya mempergunakan jenis satelit yang terkecuali subwoofer dengan menggunakan tipe 1 jalur dan unit driver. Kebanyakan ia juga dibangun dengan Wall Bracket agar bisa diletakkan di dinding yang mempunyai jarak dekat dengan televisi. Di dalam memilih speaker, pilih speaker dengan respon bass baik. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas suara yang bisa dihasilkan seperti suara homogen.

Ketiga ialah mempunyai amplifier surround. Pastikan juga bila perangkat ini mempunyai decoder surround di dalam format Dolby Digital serta Dolby Pro Logic maupun format yang lainnya semisal DTS. Perangkat yang hanya mempunyai speaker dan juga sub woofer tanpa adanya amplifier surround yang belum dapat diklasifikasikan untuk perangkat hiburan ini.

Terakhir ialah power rating audio. Di dalam segi teknis, Anda harus memperhatikan spesifikasi dari keseluruhan, terlebih untuk power rating per kanal yang ada di tiap speaker. Biasanya ia dinyatakan di dalam bentuk watt. Semakin besar jumlah watt dan juga daya keluarnya, maka akan semakin tinggi jugta kemampuan untuk menyajikan suara yang detail, jernih dan juga nyaring. Rentang daya keluar yang dianjurkan mempunyai kisaran 30 hingga 120 watt untuk per kanalnya. Anda bisa memperhatikan level angka THD atau Total Harmonic Distortion dikarenakan nilai dari THD ini mempunyai pengaruh di tingkat distorsi. Jadi, cermati lagi ketika Anda ingin memilih home theater.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments