Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Kampung Lolai Toraja Utara

Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Kampung Lolai Toraja Utara

Pemandangan luar biasa yang menyejukkan mata bisa melihat matahari terbit dari daerah yang disebut negeri diatas awan yang letaknya di desa Lolai, Toraja. Batu tumbung ini letaknya dikaki gunung Sesean sehingga awan dan desa berada di satu garis lurus. Perjalanan untuk sampai ke desa Lolai bisa ditempuh waktu 30 menit hingga 1 jam atau sekitar 20 km dari ibukota Toraja utara "Rantepao". Pelan-pelan hangatnya matahari sedikit menghangatkan udara yang dingin disini.

Anda bisa mencoba menginap di beberapa penginapan yang berbentuk rumah adat Toraja yaitu Tongkonan, sambil menikmati kopi Toraja dengan awan yang berada di kaki Anda. Waktu terbaik ke kampung Lolai ini adalah pagi hari, akan lebih baik lagi jika Anda bermalam terlebih dulu sehingga bisa melihat panorama matahari terbit yang tidak Anda dapatkan di daerah lain. Kampung Lolai berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut (mdpl).

Video Desa Lolai dengan Awan di Bawahnya


Umumnya para pecinta matahari terbit atau sunset akan rela menunggu sejak jam 5 pagi menanti panorama pertemuan luar biasa antara matahari, awan, persawahan dan lereng bukit. Menyaksikan kota Rantepao dari kejauhan dan menikmati kehidupan warga yang bersahaja. Ketika matahari agak tinggi, Anda bisa melakukan tracking disini, jalan-jalan, menyusuri kampung melewati persawahan sambil santai bercengkerama dengan kearifan lokal di sepanjang jalan.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Makasar yang Wajib di Kunjungi


Bentang persawahan hijau disana sangat menyejukkan mata, sangat terasa segar melihat lengkung sawah seakan-akan tidak ada habisnya dari atas kebawah. Belum lagi latar belakang bukit-bukit yang kokoh dan juga putih kabut semakin memberikan efek magis untuk semakin mensyukuri ciptaan Tuhan ini.


Desa Lolai negeri di atas awan ini seperti membuka pintu lokasi-lokasi wisata lainnya di Toraja utara sehingga semakin ingin rasanya lebih menggali lagi tempat-tempat wisata lain yang belum pernah pelancong lihat.

Walaupun terletak agak pelosok, namun berbagai sarana dan prasarana seperti listrik telah ada di desa Lolai. Kisaran tarif angkutan disana yaitu, naik ojek 30 ribu dan angkot 20 ribu. Tersedia juga jasa sewa mobil dengan harga kisaran 350 ribu perhari.

Berada di Desa Lolai Toraja Utara ini Anda merasakan sensasi bagaikan bidadari-bidadari karena hamparan awan putih disekitar mu dan berada lebih rendah dari kamu berdiri. Alamat lengkap desa Lolai "negeri di atas awan" ini adalah Tongkonan Lempe, Lolai, Kec. Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments