Fungsi GPS yang Mungkin Belum Banyak Kita Ketahui

Fungsi GPS yang Mungkin Belum Banyak Kita Ketahui

Hampir setiap orang yang memiliki smartphone, saat ini pasti sudah mengenal teknologi GPS yang biasanya sudah teraplikasi secara langsung pada alat komunikasi mereka tersebut. Kebanyakan rang pasti beranggapan bahwa teknologi penentuan lokasi ini hanyalah sebagai alat penunjuk jalan ketika tersesat di daerah yang belum pernah kita lewati sebelumnya, atau mungkin ketika digunakan untuk mencari lokasi handphone yang hilang karena kelalaian kita sebagai pemiliknya. Padahal sebenarnya ada banyak sekali fungsi dan kegunaan dari teknologi satu ini untuk membantu beberapa hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Pada jaman dahulu, ketika internet belum berkembang pesat seperti saat ini, ada banyak keterbatasan yang dialami oleh seseorang ketika hendak melakukan interaksi dengan orang lain. Apalagi dengan teknologi yang bisa memetakan dan menentukan lokasi ini, banyak orang yang pasti belum mengetahui apa fungsi sebenarnya. Berikut beberapa fungsi teknologi ini yang mungkin belum Anda tahu, seperti:

- Bidang militer, teknologi ini sangat efektif untuk bisa memantau pergerakan musuh dalam radius yang cukup jauh, sehingga tidak diperlukan lagi cara-cara manual seperti menggunakan kurir atau telik sandi,
- Bidang geografi, sangat terbantu sekali dengan kehadiran teknologi ini, karena mereka tidak perlu repot-repot lagi untuk memetakan sebuah wilayah dengan sangat detail termasuk jarah satu lokasi dengan lokasi lainnya,
- Bidang gempa, juga memanfaatkan teknologi ini untuk bisa memantau pergerakan lempeng ataupun tanah yang berada dalam bumi sehingga bisa memperkirakan terjadinya gempa.

Itulah beberapa fungsi dari teknologi GPS yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Pada dasarnya, teknologi seperti ini akan sangat berguna apabila memang dimanfaatkan secara tepat oleh manusia yang mengoperasikannya. Hanya saja ketika manusia ini lebih menggunakan nafsu angkaranya untuk memanfaatkan teknologi ini, maka banyak terjadi penyalahgunaan terhadap fungsi dan kegunaan dari teknologi ini.

Bagi Anda yang saat ini belum menggunakan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari, maka berikut ini adalah media-media yang tepat untuk bisa ditanamkan teknologi ini di dalamnya sehingga mampu memberikan efek positif bagi Anda, seperti misalnya:

1. Pada kendaraan, sehingga ketika suatu saat kendaraan tersebut hilang dan tidak diketahui keberadaannya, teknologi ini bisa membantu kita untuk menemukannya,
2. Pada keluarga, sehingga bila salah satu anggota keluarga tidak bisa dihubungi, kita masih bisa menemukannya dimana lokasi terakhirnya sehingga tetap bisa berinteraksi dengannya.

Memang, pentingnya alat ini sekarang seperti menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan hampir setiap orang yang suka traveling, juga memanfaatkan teknologi GPS ini untuk mendukung aktivitasnya selama berada di daerah tertentu yang belum dikenalnya dengan baik. Jadi, tidak ada salahnya bukan bila kita memanfaatkan teknologi ini, asalkan dengan bertanggung jawab.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments